Home » » Bupati Ciamis, “Kembangkan Kreativitas Pemuda”

Bupati Ciamis, “Kembangkan Kreativitas Pemuda”

Written By yun ciamis on 29 October 2012 | 2:40 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Untuk mengisi kemerdekaan, generasi muda harus berani berjaya menghadapi tantangan di era globalisasi, harus berjaya tanpa kehilangan identitas diri mengembangkan kreativitas dan berbagai macam karya.

Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis, H. Engkon Komara saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-84 di Alun-alun Taman Rafalesia Ciamis, Senin (29/10/12).

Menurut Bupati, rasa kebangsaan dengan tantangan zaman selalu berbeda, setiap generasi peran pemuda selalu krusial dalam bangsa dan tantangan sekarang adalah mengisi kemerdekaan.

“Mengembangkan menjadi pemuda yang berjaya, kita harus mencegah hal-hal negatif seperti narkoba, tawuran dan radikalisme yang selama ini sering dialami oleh para pemuda,” kata Bupati.

Menurutnya, di tahun 2015 comunitas ASEAN sudah dimulai persaingan bukan lagi antar pemuda di Indonesia tapi di tingkat negara-negara ASEAN sehingga pemuda Indonesia harus bisa bersaing dan berjaya menghadapi tantangan.

Menyikapi digelarnya Jambore Pemuda Indonesia tingkat Kab. Ciamis oleh DPD KNPI Kab. Ciamis, Bupati berharap jamboree mampu menjadi media pendidikan non formal yang dapat membentuk karakter para pemuda baik itu karakter  kemandirian, tanggungjawab dan jiwa solidaritas, disamping meminimalisir hal-hal negatif di kalangan generasi muda.

“Pemudada harus terus intens untuk mengadakan berbagai kegiatan  sehingga bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM),  khususnya di kalangan pelajar pemuda untuk menjadi wahana bagi pembinaan generasi muda dan bisa dijadikan sebagai wahana untuk menimba ilmu, sekaligus menjadi ajang silaturahmi para generasi muda di Ciamis,” katanya.

Ketua DPD KNPI Kab. Ciamis Budi Kurnia, dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-84 ini diharapkan dalam kegiatan JPI yang digelar selama tiga hari akan menebarkan materi yang menitik beratkan kepada rasa nsionalisme, mengingat nasionalisme bukanlah kata benda, melainkan kata kerja dalam arti nasionalisme harus tetap diperjuangkan, diupayakan dan disebarkan, terutama kepada generasi muda yang nantinya akan menjadi penggawa kehidupan bangsa dan negara.

Budi juga berharap, semua pemuda menjadi yang terdepan sebagai penggerak ekonomi pedesaan dan dan mampu merespon untuk siap menyongsong dicanangkanya Asian Ekonomi Community. (cZ-1)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com