Home » » Dana Milyaran Rupiah Raib, KPPC Bangkrut ?

Dana Milyaran Rupiah Raib, KPPC Bangkrut ?

Written By yun ciamis on 18 October 2012 | 12:29 AM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Dana milyaran rupiah yang dikelola Koperasi Pegawai Pemda Ciamis (KPPC) ternyata kini hanya catatannya saja, dari total asset yang mencapai angka Rp11 milyar itu senilai Rp7 milyar lebih adalah utang ke bank yang merupakan barang mati atau asset diam termasuk didalamnya terdapat piutang sejumlah anggota dan sejumlah mantan pengurus yang belum mengembalikan pinjamannya mencapai miliaran rupiah. Sementara sisanya Rp 2,4 milyar merupakan simpanan anggota.
“Jika dikalkulasikan asset di bank Rp7 milyar dan simpanan anggota Rp2,4 milyar, kemana lagi sisa untuk mencapai Rp11 milyar itu. Raibnya sisa milyaran itu termasuk pada catatan yang diragukan karena diduga ada pencurian secara kapiler (perlahan). Apalagi perputaran perputaran dana yang berjalan saat ini hanya Rp1,26 milyar,” ungkap Bendahara KPPC, Agus Marcusi kepada ciamiszone.
Besar dugaan adanya inikasi pencurian dana KPPC secara perlahan tersebut sudah berlangsung lama, namun belum ada campur tangan Bupati Ciamis sebagai Pembina KPPC untuk menyelesaikan kemelut yang terjadi di koperasi Pemda itu.
Akibatnya, kini KPPC terbentur krisis kepercayaan dari anggota yang teramat dalam, diantaranya banyak anggota yang ingin dihentikan potongan, bahkan meminta koperasi dibubarkan saja.
“Sebelumnya tercatat 1.060 anggota tapi saat ini menurun sampai angka antara 800-900 anggota, dari sejumlah itu masih ada sekitar 100 anggota yang mengajukan mengundurkan diri tapi belum disetujui keluar,” katanya.
“Kami sudah melakukan upaya komunikasi dengan Pembina dalam hal ini Bupati Ciamis, tapi beliau belum mengambil sikap. Kami juga berusaha melakukan audensi namun hanya keluar disposisi agar diselesaikan oleh bawahannya, seperti Sekda,” katanya.
Sebagai pengurus yang peduli terhadap kelangsungan KPPC, dirinya berharap agar Bupati Ciamis sebagai Pembina KPPC turun tangan langsung menyikapi masalah ini, karena tidak dipungkiri ada beberapa bawahan Bupati yang masih menunggak tapi sulit untuk menyelesaikan kewajibannya.
Diakuinya, jika kemelut ini dibiarkan, keberadaan KPPC bukan lagi terancam bangkrut tapi sudah hampir bangkrut.
“Untuk mengantisipasinya, kami terus mengadakan rapat yang membahas langkah-langkah kelanjutan KPPC dan upaya hukum yang akan dilakukan. Diharapkan dengan langkah itu KPPC akan kembali berjalan,” katanya. (cZ)***

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com