Home » » e-KTP Pesimis Tuntas Akhir 2012

e-KTP Pesimis Tuntas Akhir 2012

Written By yun ciamis on 23 October 2012 | 2:31 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Pelaksanaan program pemerintah peralihan Kartu Tanda Penduduk (KTP) manual ke KTP elektronik (e-KTP) di Kab. Ciamis diperkirakan tidak akan bisa tuntas pada akhir 2012 sesuai harapan sebelumnya, apalagi sampai bisa seluruhnya aktif mulai 2013.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Ciamis, HM. Soekiman mengatakan hal itu kepada ciamiszone, Selasa (23/10/2012) menyusul masih adanya sejumlah warga yang belum menerima dan mengaktifasikan e-KTP-nya.

Berdasarkan laporan per 18 November 2012 menurut Soekiman, dari 1.035.095 penduduk yang berhasil direkam baru 947.805 yang sudah ada fisik e-KTP-nya yang sudah diterima di Ciamis, sementara sisanya masih menunggu kiriman dari Jakarta. Dari fisik e-KTP yang diterima dari Jakarta tersebut, baru 360.601 saja yang sudah didistribusikanm ke warga.

“Sisanya masih dalam proses penyerahan oleh masing-masing kecamatan,” katanya.

Dengan demikian, Soekiman menilai, program e-KTP tersebut tidak akan tuntas akhir Desember 2012 nanti, karena sisa 87.290 fisik e-KTP belum jelas kapan selesai cetak di Jakartanya dan segera diterima di Ciamis untuk didistribusikan.

Namun demikian Soekiman menghimbau kepada warga yang sudah menerima undangan penyerahan e-KTP dan menerima fisik e-KTP agar segera mengaktifasikannya di kantor kecamatan masing-masing, jika tidak maka e-KTP tidak akan terditeksi jika suatu saat dipergunakan.

“Chip dalam e-KTP tidak bisa dibuka jika e-KTP tidak diaktifkan oleh pemegangnya, jadi hal ini akan menyulitkan warga jika suatu saat diperlukan. Untuk itu pengaktifasian e-KTP sangat penting dan harus dilakukan di kantor kecamatan masing-masing,” tegasnya. (cZ-1)**

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com