Home » » Jambore Pemuda 2012 KNPI Ciamis

Jambore Pemuda 2012 KNPI Ciamis

Written By yun ciamis on 29 October 2012 | 2:10 PM

Pengurus DPD KNPI Kab. Ciamis bersama Bupati dan Wakil Bupati Ciamis beberapa saat setelah melepas peserta JPI 2012 Tingkat Kab. Ciamis
ciamiszone.com :
 
CIAMIS,- Setelah dilepas oleh Bupati Ciamis, H. Engkon Komara dalam rangkaian upacara peringatan Sumpah Pemuda di Alun-alun Taman Raflesia Ciamis, Senin (29/10/12) peserta Jambore Pemuda Indonesia (PPI) 2012 DPD KNPI Kab. Ciamis bertolak ke Karangrtirta, Kec. Sidamulih untuk mengikuti jambore selama tiga hari (29-31/10/12).

Menurut rencana, JPI 2012 DPD KNPI Kab. Ciamis bertempat di Dusun Cipari, Desa Sukaresik, Kec. Sidamulih itu akan dibuka secara resmi oleh DPD KNPI Jabar sementara penutupan oleh Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin dengan peserta terdiri dari berbagai unsur pemuda dan Karang Taruna se- Kab. Ciamis.

Ketua Panitia Pelaksana JPI 2012 KNPI Kab. Ciamis, Dani Alinurdin, S.Ag menjelaskan, tema Jambore Pemuda tahun ini bertajuk "Tumbuh Bersama Maju Pemuda Maju Indonesia" dengan harapan mampu memperkuat eksistensi dan essensi pemuda sebagai basis kekuatan dan ketahanan daerah.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Kab. Ciamis Budi Kurnia menjelaskan, JPI Tingkat Kab. Ciamis diikuti peserta sebanyak 300 orang terdiri dari anggota KNPI di tingkat kecamatan dan organisasi kepemudaan lainya.

“Materi pokok yang akan ditularkan dalam acara JPI erat dengan menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, bela negara dan wawasan nusantara. Termasuk Pa Wabub akan memberikan materi diakhir acara nanti,” tegasnya Budi.

Materi yang tebarkan dalam JPI menitik beratkan kepada rasa nsionalisme mengingat nasionalisme bukanlah kata benda,melainkan kata kerja dalam arti nasionalisme harus tetap diperjuangkan, diupayakan dan disebarkan, terutama kepada generasi muda yang nantinya akan menjadi ponggawa kehidupan bangsa dan negara.

“Selain hal itu digelar juga workshop jaringan penggerak wirausaha desa, dalam materi ini memperkenalkan lebih jauh pengembangan dan pengunaan briket sebagai bahan bakar dan juga budidaya ayam Sentul,”  katanya.

Budi berharap, semua pemuda menjadi yang terdepan sebagai penggerak ekonomi pedesaan dan mampu merespon dalam rangka menyongsong dicanangkanya Asian Ekonomi Community.

“Dalam pembukaan nanti akan dihadiri sejumlah pengurus DPD KNPI Provinsi Jabar,” tegasnya seraya menambahkan pelaksanaan kegiatan Jambore Pemuda 2012 ini didukung sepenuhnya oleh Pemkab Ciamis dan pemuda penggerak wirausaha desa. (cZ-1/Jerry)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com