Home » » Korban Hepatitis Capai 53 Siswa, Sekolah Tidak Diliburkan

Korban Hepatitis Capai 53 Siswa, Sekolah Tidak Diliburkan

Written By yun ciamis on 30 October 2012 | 1:42 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Siswa SMPN 1 Ciamis yang terkena Hepatitis A sampai Selasa siang (30/10/12) tercatat sebanyak 53 orang dari 798 siswa yang ada, namun pihak sekolah tetap tidak meliburkan siswanya untuk melakukan sterilisasi lingkungan, tapi cukup dengan mengurangi jam belajar dari masing-masing 40 menit menjadi 35 menit.

Wakil Kepala SMPN 1 Ciamis, Amar membenarkan hal itu, bahkan menurutnya, hasil koordinasi antara Kepala SMPN 1 dengan Kepala Dinas Kesehatan yang juga dihadiri PLT Kadis Pendidikan Kab. Ciamis menyatakan, merebaknya virus Hepatitis A di lingkungan sekolahnya bukan termasuk pada Kejadian Luar Biasa (KLB).

Menurut Amar, virus hepatitis yang menyebar di SMPN 1 Ciamis adalah Hepatitis A, kepastian itu berdasar hasil laboratorium dari Bandung yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kab. Ciamis.

“Hepatitis A yang merebak di lingkungan SMPN 1 juga bukan penyakit yang berbahaya, sehingga penyembuhannya hanya perlu istirahat dan asupan makanan bergizi,” katanya.

Dijelaskan juga, pihak Dinkes belum bisa memastikan jika virus Hepatitis A itu berasal dari lingkungan sekolah, sehingga pihaknya menghimbau kepada seluruh orang tua agar pola hidup sehat harus berawal dari rumah.

Namun demikian, Amar tidak memungkiri jika faktor kebersihan di WC lingkungan sekolahnya, bisa menjadi sumber awal penyebaran virus, mengingat pasokan air dari PDAM selama kemarau beberapa bulan lalu memang tersendat.

“Sebelumnya memang WC kami kekurangan air, tapi sekarang sudah mulai lancar lagi sehingga WC pun terawat. Sedangkan kantin sekolah, saat ini sedang kami benahi, bangunan lama kami bongkar untuk digantikan dengan bangunan baru,” katanya seraya menjelaskan kedepannya kami akan mengusulkan pembangnan sumur artesis supaya tidak mengandalkan pasokan PDAM.

Bentuk kepedulian pihak sekolah, menurut Amar, semua siswa yang terkena virus hepatitis akan diganti biaya pengobatannya oleh pihak asuransi.

“Kami sudah melakukan klaim ke asuransi, kebetulan seluruh siswa kami seluruhnya asuransikan dengan anggaran dari komite sekolah,” katanya. (cZ-1)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com