Home » » Pangandaran Resmi Menjadi Kabupaten

Pangandaran Resmi Menjadi Kabupaten

Written By yun ciamis on 25 October 2012 | 12:30 PM

Suasana Sidang Paripurna Penetapan Kab. Pangandaran
ciamiszone.com :
JAKARTA,- Akihirnya Pangandaran resmi menjadi kabupaten setelah dalam Sidang Paripurna ke-9 DPR-RI yang dimulai pukul 10.49 WIB itu menetapkan RUU menjadi UU yang menyetujui 5 dari 9 RUU menjadi UU yang diantarannya penetapan Kab. Pangandaran sebagai daerah otonomi baru.

Dari 500 anggota DPR-RI, Rapat Paripurna Ke-9 tersebut dihadiri 293 anggota sehingga rapat mencapai quorum, anggota yang hadir diantaranya Partai Demokrat 75 orang, Partai Golkar (57), PDIP (56), PKS (30), PAN (25), PPP (18), Gerindra (17), PKB (8) dan Hanura 7 orang.

Dalam Laporan Komisi II DPR-RI yang dibacakan Agun Gunanjar Sudarsa, menegaskan, pengambilan keputusan dari RUU menjadi UU. 19 Rancangan DOB diserahkan kepada Komisi II DPR-RI dan menyetujui 5 dari 9 RUU menjadi UU diantaranya Kabupaten Pangandaran.

“Rakyat yang jauh terpencil berhak mendapatkan otonomi Daerah. Batas waktu penyerahan dokumen diatur oleh Gubernur wilayah tersebut dan berhak mendapat dana perimbangan. Pemekaran bukan menggerogoti uang negara melainkan solusi, Lampung dan Pangandaran bila sudah menjadi kabupaten merupakan devisa terbanyak yang akan masuk ke negara. Undang-undang ini merupakan undang-undang manusia baru, wilayah baru pokoknya serba baru," ungkapnya di Podium Sidang.

Sementara Kemenhukam yang mewakili Presiden dalam kesempatan itu juga langsung mengucapkan selamat kepada kabupaten baru, termasuk kepada lahirnya Kab. Pangandaran. (Jerry)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com