Home » » PSGC vs Persib (1-4), Penonton Membludak Umuh Puji PSGC Bermain Baik

PSGC vs Persib (1-4), Penonton Membludak Umuh Puji PSGC Bermain Baik

Written By admin@ciamiszone.com on 17 October 2012 | 8:21 PM

CIAMIS,- Warga Tatar Galuh Ciamis dan Bobotoh Persib yang tergabung dalam Viking Galuh, Viking  Galunggung Tasik dan Viking Kuningan sangat antusias menyaksikan laga uji coba Persib Bandung lawan PSGC Ciamis di Stadion Galuh, Jum’at  (12/10). Bahkan salah satu pintu masuk stadion bagian utara sempat jebol oleh ribuan penonton. Tidak itu saja, sejumlah pentonton pun banyak yang masuk tanpa tiket dengan cara memanjat benteng stadion yang berkapasitas 30 ribu penonton itu. Tak pelak lagi, penonton membludak bahkan hingga ke pingir lapang.
Dalam laga uji coba tersebut,  dihadapan lebih dari 30 ribu penonton, Persib menang telak dengan skor 1-4. Dengan Kapten Tim kali ini dipercayakan kepada gelandang Persib nomor punggung 7, Atep,  dibawah komandonya hanya tujuh menit setelah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan Persib berhasil menjebol gawang PSGC melalui strikernya Kenji Adachihara yang berawal dari permainan satu dua sentuhan dengan Dzumafo Epandi, Kenji menyelesaikannya dengan tendangan fleshing-nya, hingga unggul sementara 0-1.

Namun berselang 4 menit kemudian Striker PSGC, Didin berhasil menjebol gawang Persib yang dijaga Shahar Ginanjar. Pemain belakang Persib dan juga kiper Shahar tidak berbuat banyak saat menit ke-11 itu Didin menerobos masuk untuk melakukan tendangan. Mereka menduga Didin dalam posisi offside, namun wasit menunjuk titik tengah, Skor pun berubah imbang 1-1.
Persib kembali unggul berselang empat menit kemudian. Berawal dari aksi individual Dzumafo Epandi di depan gawang, ia berhasil melalui hadangan tiga pemain belakang PSGC. Striker asal Kamerun itu kemudian melepaskan umpan ke kiri gawang yang disambut baik oleh Asri Akbar. 1-2 untuk keunggulan sementara Persib.
Dzumafo nyaris kembali menjebol gawang PSGC pada menit ke-16. Namun, tendangan pemain beromor punggung 44 itu mengenai tiang gawang, skor pun tidak berubah hingga akhir babak pertama.
Tanpa diduga, saat pemain rehat, para bobotoh merangsek keluar pagar pembatas tribun hingga memenuhi pinggir lapang, petugas keamanan dan Panpel pun tidak bisa berbuat banyak, akhirnya para penonton memenuhi sekeliling lapang hingga akhir pertandingan.
Setelah unggul 1-2 pada babak pertama, Persib mnambah dua pundi gol di babak kedua untuk memastikan kemenangan 1-4. Dua gol di babak kedua disumbangkan Asri Akbar dan Airlangga Sucipto.
Asri menciptakan gol di menit 65. Berawal dari hadiah penalti yang diberikan wasit Ayi Daud, setelah Aang Suparman diganjar di dalam kotak oleh pemain belakang PSGC.
Namun Sang Kapten, Atep sebagai eksekutor penalti gagal menggetarkan gawang PSGC setelah berhasil ditepis kiper Laskar Ciung Wanara, namun bola liar yang menjadi kemelut berhasil dimanfaatkan Asri, keududkan pun berubah 1-3.
Sementara gol keempat Persib diciptakan Airlangga Sucipto pada menit ke-75 yang memanfaatkan bola liar dari tendangan sudut.
Dalam uji coba tersebut Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman menurunkan formasi terdiri dari sejumlah pemain bintang dengan susunan pemain yang diturunkan Persib adalah Shahar Ginanjar (kiper), Aang Suparman, Maman Abdurahman, Abanda Herman, Tony Sucipto (belakang), Atep, Asri Akbar, Hariono, Mbida Messi (tengah), Dzumafo Epandi, dan Kenji Adachihara (depan).

Pujian Untuk PSGC

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menilai PSGC Ciamis adalah lawan yang cukup baik untuk timnya. Sehingga dalam menyusun laga uji coba pelatih Persib harus memilih lawan yang levelnya tidak terlalu jauh dengan Persib, sehingga Atep Cs bisa mendapatkan perlawanan sekaligus menguji kemampuan tim.
“Menghadapi PSGC, Persib menang 4-1. PSGC adalah peserta Devisi I asuhan Heri Rafni Kotari sehingga bisa menjadi lawan uji tanding yang cukup berarti. Mental belum teruji lah. Tapi memang saya harapkan uji tanding dengan yang seperti ini yang diharapkan. Levelnya tidak terlalu bawah,” kata Umuh.
Dijelaskannya juga, sebelumnya, Persib melakukan uji coba dengan 2 PS intern Pengcab PSSI Kota Bandung, UNI dan Saint Prima serta PSAD, PSGC dan Persibangga Purbanlingga yang satu tingkat lebih tinggi dari PSGC. Persibangga Purbalingga merupakan tim asal Jawa Tengah yang akan turun di Divisi Utama musim depan setelah promosi dari Divisi I.
Pada pertandingan melawan PSGC, Umuh melihat masih banyak kekurangan di timnya. Diantaranya adalah alur bola yang belum padu. Namun dari segi disiplin pemain, Umuh melihat sudah ada peningkatan, baik disiplin di dalam maupun di luar lapangan.
“Disiplin pemain sekarang sudah bagus. Berangkat ke lapangan selalu bareng pake bis. Lalu sekarang kalau pergi-pergi kemana juga pakai seragam,” katanya.
Namun demikian, menang hanya 1-4 atas melawan tuan rumah PSGC Ciamis tidak membuat manajer Umuh Muhtar terlalu kecewa. Baginya, hasil ini wajar didapat Persib Bandung yang masih menjalani latihan dan belum bergabungnya beberapa pemain inti yang sedang dipanggil tim nasional KPSI.
Di Hotel Tyara Plaza Ciamis, Umuh mengatakan, pertandingan tersebut hanyalah pertandingan hiburan. Umuh mengaku akan sangat kecewa jika seandainya skor tersebut didapat ketika Persib diperkuat oleh skuad yang lengkap.
“Ini pertandingan hiburan tapi saya belum puas melihat penampilan Persib seperti ini. Saya akan sangat kecewa jika Persib diperkuat pemain terbaik dan hanya bermain seperti ini,” ujar Umuh Muhtar.
Penampilan dan perlawanan tim berjuluk Laskar Ciung Wanara ini mendapat pujian dari Umuh Muhtar.
“Lawannya memang bagus, PSGC memang bermain bagus,” puji Umuh yang mengakui kegigighan pemain depan PSGC yang ngotot untuk membobol gawang Persib yang dijaga Sahar Ginanjar. Para pemain PSGC berhasil membongkar perangkap offside yang diterapkan oleh 4 pemain belakang tim Pangeran Biru.
Namun demikian, Umuh tetap mengaku belum puas melihat pertandingan ujicoba Persib melawan PSGC, meski menjaringkan empat gol namun proses gol tersebut belum sesuai dengan apa yang diharapkan.
“Memang belum puas, masih harus ada yang diperbaiki. Walaupun gol, tapi prosesnya tidak seperti apa yang diharapkan. Mungkin karena kerja sama tim yang masih harus ditingkatkan,” kata Umuh.
Lebih jauh dirinya menuturkan faktor mental pemain juga menjadi kekurangan tim pada laga uji coba tersebut. Seharusnya, bila para penggawa skuad Persib memiliki mental dan motivasi seperti melawan Persija Jakarta atau Sriwijaya FC, kemungkinan pundi-pundi gol yang tercipta dapat lebih dari empat gol.(cZ-1)***
Share this article :

6 komentar:

  1. PSGC semoga menjadi klub sepakbola sekelas persib.. amiin priangan timur banyak potensi terbaik pemain sepakbolanya tinggal bagaimana menggalinya dan membinanya sukses terus PSGC bawa nama Ciamis Harum di kancah sepakbola tanah air...

    ReplyDelete
  2. fanatik PSGC sudah banyak sayang kalau terputus begitu saja

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com