Home » » BNNK Ciamis Sidak Test Urine di Dinkes

BNNK Ciamis Sidak Test Urine di Dinkes

Written By yun ciamis on 19 November 2012 | 10:38 PM


ciamiszone.com :
CIAMIS,- Sejumlah pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Ciamis ditest urine oleh petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis, Senin (19/11/12), beberapa saat sebelumnya sejumlah karyawan Dinkes mendapatkan Advokasi Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bertempat di Aula setempat.

Menurut Kasi Pencegahan BNNK Ciamis, Deny Setiawan, S.Sos, kegiatan Advokasi P4GN ini merupakan program kerja BNNK Ciamis dalam melaksanakan P4GN landasan hukumnya adalah Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan landasan operasionalnya Inpres No. 12 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Kebijakan dan Straregi Nasional P4GN 2011-2015 yang ditujukan mulai tingkat Kementrian hingga Kepala Daerah untuk ikut serta dalam pelaksanaan P4GN.

Dihubungkan dengan Rencana Aksi Daerah dibidang P4GN Tahun 2011-2015 Dinkes Kab.Ciamis memiliki peran di bidang pencegahan yaitu mmberikan penyuluhan dan penerangan kepada para siswa/pelajar pendidikan menengah yang rentan dan beresiko tinggi dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Selain itu di Bidang Pemberdayaan Masyarakat juga harus melakukan test narkoba di lingkungan pendidikan menengah dan lingkungan kerja yang rentan dan beresiko tinggi terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan memberikan pelayanan rehabilitasi medis dan sosial bagi pelajar dan pekerja yang terlibat sebagai penyalahguna, korban penyalahguna dan pecandu narkoba.

Sementara di Bidang Pemberantasan, melakukan pengawasan ketat terhadap kemungkinan terjadinya penyimpangan bahan kimia/prekursor narkotika dari legal menjadi illegal.

Sedangkan Kasi Pemberdayaan Masyarakat,  Aris Nuryana, S.Sos sebagai Ketua Pelaksana Test Urine mengatakan, kegiatan yang digelar merupakan program kerja Seksi Pemberdayaan Masyarakat melalui program lingkungan kerja yang diberdayakan Bidang P4GN dengan tujuan menciptakan lingkungan kerja Bebas Narkoba.

“Para pekerja khususnya di instansi pemerintah mulai dari pimpinan hingga stafnya harus memiliki pola pikir, sikap dan terampil menolak baik penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba,” kata Aris.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Ciamis, drg. H. Dendy Rahayu Sukardjo, MM menyambut baik langkah BNNK yang melakukan  sidak test urine diinstansi yang dipimpinnya.

Menurut drg. H. Dendy, Dinkes siap bersinergi dalam kegiatan P4GN khususnya di bidang pencegahan, bahkan pihaknya menyarankan agar kegiatan serupa dilakukan ke tiap Puskesmas atau Tempat Pelayanan Kesehatan yang ada di Kab. Ciamis.

“Ini perlu dilakukan di setiap puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan  demi terciptanya para pegawai kesehatan yang terbebas dari ancaman narkoba dan tidak tergiur untuk menyalahgunakan dan mengedarkannya,” kata drg. H. Dendy. (cZ-01/Hms BNNK)


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com