Home » » Lima Bulan Nunggak, Utang KPPC Rp 1,4 Milyar

Lima Bulan Nunggak, Utang KPPC Rp 1,4 Milyar

Written By yun ciamis on 06 November 2012 | 2:30 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Kondisi Koperasi Pegawai Pemda Ciamis (KPPC) semakin terpuruk, selain uang miliaran rupiah “raib” disejumlah anggota, ternyata KPPC juga masih mempunyai kewajiban setiap bulannya ke pihak penyandang dana yang nilainya mencapai Rp1,4 milyar.

”Setiap bulan kami harus menyetor Rp283 juta dan selama lima bulan terhitung Juli sampai November 2012 sudah tidak bisa menjalankan kewajiban tersebut, sehingga jika ditotalkan sekarang KPPC harus membayar Rp1,4 milyar,” kata Bendahara KPPC,  Agus “Abah” Marcusi kepada ciamiszone, Selasa (06/10/12).

Dijelaskannya, utang sebesar itu antara lain setiap bulan harus membayar kepada Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) Cab. Bandung Rp201 juta, BNI Cab. Kuningan Rp45 juta dan ke Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Rp37 juta.

Sementara selama ini angsuran utang dari anggota hanya Rp127 juta setiap bulannya, itu juga merupakan uang hak PKPRI karena sebelumnya pada 2012 PKPRI sempat memberikan suntikan modal Rp1,5 milyar dan wajib setiap bulan untuk dicicil senilai Rp37 juta  selama 5 tahun. Sedangkan pendapatan dari iuran wajib dan simpanan lainnya hanya Rp53 juta perbulan.

“Khusus suntikan dari PKPRI, saat itu langsung didistribusikan kepada anggota yang mengajukan kredit dengan pembukuan tersendiri. Jadi yang ‘macet’ tersebut diluar modal yang disuntuikan oleh PKPRI,” kata Abah.

Hal ini mengakibatkan pengeluaran lebih besar dari pada pendapatan setiap bulannya, apalagi jika pengurus dan karyawan tidak ekstra turun ke lapangan melakukan penagihan.

Diakuinya, pada bulan Maret sampai Desember 2011 saja modal kerja yang disetorkan ke BNI Cab. Kuningan dan BKE mencapai Rp2,4 milyar, padahal uang tersebut seharusnya diputar untuk modal kerja. (cZ-1)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com