Home » » Lima Desa Terendam Banjir di Pangandaran

Lima Desa Terendam Banjir di Pangandaran

Written By yun ciamis on 23 November 2012 | 1:59 PM

Petugas Polair dan anggota Polsek Pangandaran menyisir kawasan banjir, Jum’at (23/11/12).
ciamiszone.com :
PANGANDARAN,- Hujan yang melanda wilayah Ciamis Selatan selama 3 hari berturut-turut mengakibatkan banjir, khususnya menimpa hamparan pesawahan dan ratusan rumah di lima desa yang kini masuk ke wilayah Kabupaten Pangandaran.

Kelima desa itu antara lain, Desa Purbahayu, Babakan, Pananjung, Desa Wonoharjo dan Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran, bukan hanya pesawahan tapi sejumlah rumah juga terendam banjir.

Berdasarkan pantauan ciamiszone ke lokasi banjir, Jum’at (23/11/12), rumah warga yang terendam banjir yaitu Warga Dusun Bojongsari dan Dusun Bojong Temple Desa Babakan sekitar 270 KK dan di Dusun Bojongjsati Desa Pananjung 55 KK.

Ketua RT 02/06 Dusun Bojongjati, Desa Pananjung, Robino (42) mengatakan, hujan lebat mulai dirasakan sejak jam 24:00 Kamis malam itu merendam hamparan pesawahan dan rumah warga.

”Sekitar 50 KK rumah warga terendam setinggi 1,5 meter, kejadian ini sudah biasa setiap hujan lebat,” katanya.

Kapolsek Pangandaran, AKP Bujang Harapan SH di dampingingi Kasat Polair Polres Ciamis, AKP Firmansyah di lokasi mengatakan, dari semalam sekitar pukul 22:00 WIB sudah diantisipasi ke lokasi di wilayah lima deaa itu mengingat banjir selalu terjadi saat hujan lebat.

Keduanya menghimbau, agar warga setenpat aktif melakukan siskamling dan memantau situasi, terutama di malam hari.

meronda dimalam hari begitu juga kepada Dinas Bina marga
“Kami menghimbau kepada pemerintahan setempat agar menggiatkan warganya untuk siskamling atau ronda guna memantau perkembangan yang terjadi, apalagi jika terjadi hujan derasa dadakan,” katanya seraya mengharapkan kepada dinas terkait untuk melakukan pengerukan di daerah aliran sungai Cikidang supaya tidak dangkal.

Kasat Polair Polres Ciamis, AKP Firmansyah menambahkan, pihaknya telah mengevakuasi salah satu warga Dusun Bojongjati yang sakit karena rumahnya terendam Banjir.

”Kami bersama anggota tadi sekitar pukul 07:00 wib mengevakuasinya ke rumah saudaranya,” katanya.

Saat ini, lokasi banjir masih dijaga oleh Tim SAR gabungan dari Polair Pangandaran, Polsek Pangandaran dan Balawista Pangandaran dengan menyiapkan perahu karet untuk mengantisipasi banjir dadakan selanjutnya. (Jerry)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com