Home » » Nelayan Pangandaran Panen Ikan

Nelayan Pangandaran Panen Ikan

Written By yun ciamis on 12 November 2012 | 10:14 AM

ciamiszone.com :
PANGANDARAN,- Laut Pangandaran memang memiliki potensi besar, dengan panjang pantai 91 km mulai pantai Kalipucang sampai ke daerah Muara Gatah, Ke­c. Cimerak potensi ikannya mencapai 2.878 ton.

Produksi hasil laut Pangan­daran dan sekitarnya dari Januari sampai Agustus 2012 ini mencapai 1.034 ton dengan nilai produksi Rp 20 miliar lebih. Jenis ikan potensial  yaitu diantaranya ikan layur, kembung, bawal putih dan udang dengan berbagai jenis seperti udang dogol, jerbung, krosok, lobster, barong dan lainnya.

Laut Pangandaran saat ini memang sedang bersahabat dengan nelayan, buktinya sejak awal bulan ini saja hasil tangkapan ikan bawal sangat melimpah. Nilai penjualannya pun bisa mencapai Rp1 milyar. Rata-rata, setiap hari nelayan bisa membawa pulang minimal Rp 2 juta, bahkan bisa lebih.

Seperti diakui salah seorang nelayan Pangandaran, Sartono (51), Minggu kemarin bisa meraup Rp7 juta lebih.

“Saya tidak menduga, hasil tangkapan ikan bisa banyak seperti ini,” katanya kepada ciamiszone di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pangandaran, Senin (12/11/12).

Menurut Sartono, dirinya berangkat ke laut Minggu pagi dan sore harinya sekitar pukul 16.00 WIB sudah masuk ke tempat pelelangan dengan membawa hasil yang menggembirakan.

“Sayangya, tidak membawa box es untuk penyimpangan ikan, sehingga ikan terpaksa dimasukan ke dalam karung. Namun akibatnya, ikan banyak yang cacat atau luka, sehingga harganya jatuh. Ada sekitar 10 kg yang cacat,” katanya.

Berdasarkan keterangan di lapangan, harga ikan bawal putih ukuran besar dengan berat enam ons, dijual Rp160 ribu/kg-nya sedangkan yang cacat dihargai Rp 30 ribu/kg.

Nelayan lainnya mengaku, dalam seminggu terakhir bisa menyimpan uang sebesar Rp 10 juta dari hasil melaut. ”Lumayan, sekarang tangkapan ikan sedang bagus,” katanya. (Jerry)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com