Home » » Pangandaran Targetkan 1 Juta Wisatawan Per Tahun

Pangandaran Targetkan 1 Juta Wisatawan Per Tahun

Written By yun ciamis on 22 November 2012 | 9:31 PM

ciamiszone.com :
 
PANGANDARAN,- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menilai penghasilan masyarakat Pangandaran akan semakin bertambah jika banyak tamu yang masuk dan berwisata di Pangandaran. Sehingga diharapkan mulai 2014 wisatawan yang datang ke Pangandaran mampu mencapai 1 juta orang pertahunnya.

Harapan tersebut bisa segera terwujud jika seluruh pelaku ekonomi dan masyarakat Pangandaran mengerti dan mengikuti system pengelolaan kawasan wisata Pangandaran.

Hal tersebut diungkapkan, wakil dari Kemenpar dan Ekonomi Kreatif, Firmansyah, MM dalam acara temu wicara para pihak Destination Management Organitation (DMO) Pangandaran oleh Kemenpar dan Ekonomi Kreatif dalam rangka lokakarya pengembangan produk wisata baru di Aula Hotel Surya Pesona, Rabu malam kemarin.

Menurut Firmansyah, salah satu contohnya dalam hal penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) tidak perlu oleh Satpol PP tetapi dilakukan oleh pedagang sendiri atas kesadaran masing-masing.

“Agar para PKL mengerti dan menyadari, maka sangat diperlukan temu wicara seperti ini,” kata Firmansyah seraya menambahkan, tujuan temu wicara adalah mendiskusikan tentang harapan dan komitmen para pihak untuk pengembangan pariwisata Pangandaran, khususnya dalam era kabupaten baru.

Dalam sistem pengelolaan kawasan pariwisata pantai, semua pihak diharapkan bisa mendorong pemecahan berbagai permasalahan yang sebelumnya sulit disikapi.

“Adanya pelatihan dan temu wicara di DMO untuk menunjang kepariwisataan Pangandaran, sehingga jumlah 729.000 wisatawan yang datang di tahun 2012 ini bisa terus bertambah ditahun-tahun yang akan dating,” tegasnya.

Contoh lainnya, menurut Firmansyah, pelaku pariwisata Pangandaran  memiliki karakter yang kompleks, kawasan wisata Pantai Barat dan Timur adalah indikator penting bagi pariwisata Pangandaran, sehingga penataan perlu pendekatan yang mengedepankan kebutuhan ekonomi masyarakat dan juga kenyamanan wisatawan.

Menanggapi hal itu, Ketua DMO Pangandaran H. Supratman yang juga Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran,  kepada ciamiszone, Kamis (22/11/12) mengatakan, wisata Pangandaran diharapkan akan lebih maju di pasar internasional, sehingga penataan Pangandaran menjadi kabupaten pariwisata bisa terwujud. (Jerry)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com