Home » » Dinkes Latih Kader Posyandu

Dinkes Latih Kader Posyandu

Written By yun ciamis on 15 December 2012 | 5:07 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Untuk menurunkan angka kematian bayi dan ibu, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis terus melakukan upaya melalui bimbingan dan pelatihan terhadap sejumlah kader kesehatan di Kabupaten Ciamis yang bersentuhan langsung dengan ibu dan anak di masyarakat.

Tahun 2011 tercatat 298 kasus kematian bayi dan 27 kasus kematian ibu, sementara tahun 2012 sampai Oktober, kematian bayi tercatat 220 kasus dan kematian ibu 17 kasus.

“Data tersebut memperlihatkan adanya penurunan kematian ibu dan anak atau bayi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk lebih menekan angka kematian tersebut, Dinkes Ciamis terus melakukan pelatihan dan bimbingan, untuk saat ini kami arahkan kepada 250 kader-kader Posyandu terbaik di Ciamis,” kata Kabid Bina Kesehatan Masyarakat (Binkesmas) Dinas Kesehatan Kab. Ciamis, Rahmat.

Menurut Rahmat, sebanyak 250 kader terbaik itu diberikan pembekalan oleh tim pengkaderan Binkesmas selama lima hari yang dipusatkan di Wisma Guru PGRI Kab. Ciamis mulai Jum’at (14/12/12).

“Setiap hari sebanyak 50 kader Posyandu mendapatkan bimbingan dan pelatihan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka tentang peningkatan kesehatan ibu dan anak, terutama dalam halk imunisasi, persalinan dan tata cara penanggulangan awal saat bayi/anak mendapatkan masalah kesehatan,” katanya seraya mengakui, masing-masing kader mandapatkan uang duku Rp 100 ribu.

Meskipun anggaran kegiatannya bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat namun dalam pelaksanaan pelatihan tersebut diselenggaranakan oleh Dinkes Kab. Ciamis. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com