Home » » Tumpeng Syukuran Kabupaten Pangandaran

Tumpeng Syukuran Kabupaten Pangandaran

Written By yun ciamis on 01 December 2012 | 3:20 PM

ciamiszone.com :
PARIGI,- Acara puncak syukuran ditetapkannya Pangandaran menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) sebagai pemekaran dari Kab. Ciamis, akan dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Lapang Parigi, Sabtu (01/12/12).

Acara yang digelar Panitia Lokal Koordinator Presidium Kec. Parigi sehari semalam itu diwarnai berbagai kegiatan, mulai dari rampak seni tradisional,  lomba tumpeng sampai istighosah oleh para kyai dari sepuluh kecamatan.

Sementara malam harinya masyarakat setempat akan dihibur dengan pagelaran wayang golek Giri Harja III dengan dalam Asep Sunandar Sunarya.

“Nanti malam Insya Alloh Pak Gubernur akan menghadiri pagelaran wayang golek dari Bandung itu. Dipusatkannya kegiatan ini karena memang Parigi akan manjadi ibukotanya Kab. Pangandaran,” kata seorang panpel.

Ada keunikan dari kegiatan ini, diantaranya lomba tumpeng yang diikuti oleh 250 jenis tumpeng dari setiap dusun yang ada di wilayah Kec. Parigi termasuk juga dari UPTD Pendidikan yang mengirimkan tumpeng dari setiap sekolah, tidak ketinggalan sejumlah dinas instansi di kecamatan pun ikut andil mengikuti lomba tumpeng tersebut.

Salah satu tumpeng dari Desa Karangjaladri, Kec. Parigi menggambarkan peta wilayah Kab. Pangandaran, tumpengnya berbentuk gunung besar dikelilingi 10 gunung kecil yang mengartikan 10 kecamatan, sementara satu gunung besar di tengah mengartikan Kab. Pangandaran.

”Kami sengaja membuat tumpeng ini, sebagai miniatut Kabupaten Pangandaran yang terdiri dari 10 Kecamatan,” salah seorang penjaga stand tumpeng, Anisah. (Jerry)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com