Home » » Bupati Resmikan 8 Proyek BNPB

Bupati Resmikan 8 Proyek BNPB

Written By yun ciamis on 10 January 2013 | 2:02 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Bupati Ciamis, H. Engkon Komara didampingi Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Jawa Barat, Drs. Udjwalaprana Sigit, MM, M.Si, meresmikan delapan paket proyek BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) di Kab. Ciamis senilai Rp10.155.514.000,- bersumber dari dana bantuan berpola hibah APBN 2012 di Kantor Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertan) Kab. Ciamis, Kamis (10/12/13).

Peresmian kedelapan paket tersebut ditandai dengan penandatanganan delapan batu prasasti oleh Bupati Ciamis, H. Engkon Komara didampingi Kepala BPBD Prov. Jabar, Drs. Udjwalaprana Sigit, MM, M.Si dan unsur Muspida.

Menurut Bupati, proyek BPBD ini merupakan tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa dengan kekuatan 7,3 SR yang sempat mengguncang Ciamis pada 2 September 2009 lalu, selain merobohkan sejumlah kantor instansi juga puluhan ribu rumah dan menewaskan 8 orang.

Dijelaskannya, saat itu berdasarkan hasil koordinasi dengan pusat Ciamis mampu mendapatkan dana bantuan mencapai Rp188 miliar yang secara bertahap disalurkan kepada rekonstruksi rumah rusak berat dan sedang sampai ke rekonstruksi infrastruktur kantor instansi.

“Saya harap untuk bantuan rumah yang rusak ringan akan terus diupayakan, karena sampai saat ini belum terealisasi,” katanya.

Menurut Bupati, Ciamis berada di kawasan bencana, sehingga tidak bisa menghindar dari siklus bencana besar yang terjadi setiap 250 tahun sekali, karena wilayahnya berada pada lempengan labil.

Sementara Kepala BPBD Prov. Jabar, Drs. Udjwalaprana Sigit, MM, M.Si mengakui, Kab. Ciamis berdasarkan laporan merupakan kabupaten terparah dalam bencana gempa bumi 2 September 2009 sehingga tidaklah heran jika mendapat bantuan terbesar secara nasional.

Dalam kesempatan itu Sigit berharap, bangunan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik dan seluruh elemen agar tetap waspada terhadap bahaya bencana.

Sementara Kepala BPBD Kab. Ciamis, Drs. H. Dicky Erwin Juliady, M.Si menjelaskan kedelapan paket tersebut antara lain, pengerjaan konstruksi phisik terdiri dari tiga paket bangunan, empat paket jembatan dan satu paket perbaikan jalan dengan nilai Rp9.419.711.000,- sementara sisanya untuk biaya perencanaan teknis Rp192.265.200,- dan biaya adiministrasi pengelolaan PJOK dan biaya umum Rp352.666.800,-.

Menurut Dicky, anggaran phisik tersebut diantaranya untuk pembangunan kantor Dispertan senilai Rp2,263 miliar, Gedung Diklat Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Rp1,273 miliar, Puskesmas Kec. Ciamis Rp838,9 juta, Jembatan Timbang Windu Kec. Cijeunjing Rp2,265 miliar, jembatan Gongseng Kec. Lumbung Rp1,228 miliar, jembatan Ciwadori Kec. Cipaku Rp780,9 juta, Jembatan Ciseupan Kec.  Cimerak Rp494,2 juta dan perbaikan jalan Rancah-Kadupandak Kec. Tambaksari Rp275,4 juta. (Agus)


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com