Breaking News

GP Ansor Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

ciamiszone.com :
PANGANDARAN,- Gerakan Pemuda  Ansor PAC Pangandaran bekerjasama dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kab. Ciamis menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu dengan Ormas, BPD, Kepala Desa, PPK se-Kec. Pangandaran, Jum’at (25/01/13) di Aula Desa Pananjung, Pangandaran.

Menurut Ketua GP ANSOR Pangandaran, Masruri S.Pd.I, sosialisasi digelar dengan tujuan agar fungsi pengawasan bukan tertumpu pada panitia pengawas saja melainkan melibatkan semua unsur agar menghasilkan pemilu yang demokratis dan berintegritas, karena terdapat pelibatan aktif masyarakat dalam proses penyelenggaraan.

Diakuinya, kehadiran Posko Pengawasan Pemilu Terpadu (Posko Awaslupadu) merupakan salah satu implementasi dari tujuan Bawaslu.

“Posko beranggotakan seluruh stakeholder Pemilu. Peran, konstribusi dan gagasan dalam posko ini hendaknya menjadi titik masuk pengembangan pengawasan partisifasi berbasis masyarakat. Kita sebagai ormas merupakan hal yang wajar untuk mengawasi Pemilu,” katanya.

Menurut Masruri, agar terljalin koordinasi yang intensif dengan stakeholder pemilu seperti KPU, pemerintah, badan/komisi negara independen serta elemen strategis masyarakat, LSM, perguruan tinggi, dan media massa dapat dirumuskan dalam dan dibangun dalam posko ini.

Dalam kesempatan itu, Anggota Panwaslu Kab. Ciamis, Drs. Enceng Sudrajat menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi panwaslu untuk mengawasi setiap tahapan pemilu.

Panwaslu Kab. Ciamis selalu melakukan koordinasi dengan semua pihak, baik itu dengan elemen Gakumdu (Polres, Kejaksaan dan Panwas) maupun berkoordinasi dengan KPU Kecamatan dalam semua tahapan, sehingga diharapkan, pesta demokrasi nanti berjalan lancar tanpa ada halangan apa pun.

“Saya berharap kepada semua tim sukses agar mentaati peraturan yang berlaku, begitu juga dalam kampanye dilarang menggunakan fasilitas negara dan sarana ibadah,” katanya. (Jerry)

Post a Comment

0 Comments