Home » » Kapolres, Efektifkan Car Free Day

Kapolres, Efektifkan Car Free Day

Written By yun ciamis on 26 January 2013 | 8:32 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Setelah melakukan ujicoba selama satu tahun yang diawali pada Januari 2012, akhirnya Car Free Day (CFD) ditetapkan menjadi agenda rutin setiap hari Minggu di Kab. Ciamis yang dipusatkan di kawasan Kota Ciamis seputar Alun-alun dan Taman Raflesia terhitung Minggu (27/01/13).

Uji coba kegiatan kawasan bebas kendaraan sebelumnya berjalan setiap dua minggu sekali yang dilaksanakan secara perdana Minggu (29/01/12) dengan titik pelaksanaan di kawasan Taman Raflesia dan Alun-alun Ciamis dengan akses masuk ke ruas jalan di kawasan tersebut diseterilkan dari kendaraan bermotor mulai pukul 06.00 sampai pukul  09.00.

Dalam ujicoba tersebut ternyata pelaksanaan CFD mendapatkan respon masyarakat, dan sejumlah komunitas, bahkan komunitas sepeda onthel tidak saja datang dari Ciamis tapi juga dari luar Ciamis.

Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana kepada ciamiszone, Sabtu (26/01/13) mengakui, pelaksanaan CFD dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat Ciamis yang akan melaksanakan segala bentuk kegiatan di lokasi CFD seperti berolahraga dan rekreasi lainnya.

“Dengan CFD, warga akan terbebas sejenak dari polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor selama waktu CFD diberlakukan,” kata Kapolres.

Selain itu menurut Kapolres, dengan pelaksanaan CFD juga diharapkan mampu menekan terjadinya kecelakaan lalulintas yang selama ini rawan di titik lokasi dan penggal jalan sebelum diberlakukannya CFD, sehingga akan terwujud keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas.

“Pelaksanaan CFD ini diharapkan mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat,” katanya.

Menurut Kapolres pelaksanaan Car Free Day dasar hukumnya antara lain,
UU No 22 Tahun 2009 tentang lalulintas angkutan jalan, dan SK Bupati Ciamis Nomor 555.11/KPTS.44-HUK/2013 tanggal 16 Januari 2013 tentang Penyelenggaraan dan Pembentukan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Wilayah Kabupaten Ciamis. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com