Home » , » Polres Persiapan Pangandaran Tunggu Usulan

Polres Persiapan Pangandaran Tunggu Usulan

Written By yun ciamis on 16 January 2013 | 6:20 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Lahirnya Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran sebagai pemekaran dari Kab. Ciamis, Polres Ciamis saat ini belum mempersiapkan rencana berdirinya Polres baru di wilayah Pangandaran karena belum adanya usulan dari pemerintah daerah terkait hal itu.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana kepada wartawan usai silaturahmi jajaran Polres Ciamis dengan sejumlah wartawan liputan Ciamis di  RM SPBU Ciamis, Rabu (16/01/13).

Menurut Kapolres, untuk membentuk Polres Persiapan selain harus ada usulan dari Pemda setempat juga terdiri dari beberapa aspek yang harus dipenuhi, terutama menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana.

“Berkaitan dengan personel, Polres Persiapan harus sudah punya personel dulu minimal 200 sampai 400 anggota, selain itu sesuai dengan karakteristik wilayah Pangandaran sebagai daerah pariwisata dan laut juga harus memperhatikan sarana dan prasarananya,” kata Kapolres.

Dijelaskannya, Polres Persiapan akan terbentuk disesuaikan dengan anggaran seiring dengan berjalannya pemerintahan setempat, termasuk sarana dan prasarana sesuai karakteristik kerawanan daerah.

“Meskipun DOB Pangandaran berjalan efektif seiring diberlakukannya pemerintahah baru, sampai 2015 pun untuk jajaran kepolisian dirasakan belum akan terbentuk Polres Persiapannya, karena masih harus dilakukan kajian-kajian oleh tingkatan lebih tinggi, setelah adanya usulan dari Pemda setempat,” kata Kapolres.

Untuk saat ini menurut Kapolres, pembentukan Polres Persiapan belum memungkinkan karena belum memenuhi syarat. Dari aspek personel saja untuk Polres Ciamis masih kekurangan, police ratio-nya masih 1:1.200, sementara idealnya 1:700 dan sempurnanya 1:400, sedangkan kebutuhan Polres Persiapan minimal 200 sampai 400 personel.


“Kita hanya punya 1.050 personel, jika disesuaikan dengan rasio penduduk maka police ratio kita hanya 1:1.200, ini masih kurang,” katanya.

Diakui Kapolres, tuntutan warga dan tokoh masyarakat Pangandaran sudah ada, mereka berharap Polres Ciamis segera membentuk Polres Persiapan di Pangandaran.

“Tapi sudah saya jelaskan, sepanjang aspek-aspeknya terpenuhi, proses terbentuknya Polres Persiapan bisa saja cepat terwujud,” kata Kapolres yang baru bertugas belum genap satu bulan di Kab. Ciamis itu, namun dalam waktu singkat 26 Polsek yang mengawasi kendali di 36 kecamatan sudah dikunjunginya. (Agus)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com