Home » , » Puskesmas PONED Mudahkan Pelayanan

Puskesmas PONED Mudahkan Pelayanan

Written By yun ciamis on 23 January 2013 | 10:30 PM

ciamiszone.com :

CIJULANG,- Program pengembangan Puskesmas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) merupakan upaya bersama antara Pemprov Jawa Barat dan kabupaten/kota untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan harapan mampu mendongkrak kenaikan indeks kesehatan lebih baik lagi, khususnya di Kab. Ciamis.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin saat meresmikan Puskesma PONED di Kec. Cijulang, Selasa (22/01/13) seraya mengakui, Kab. Ciamis sduah 8 kali menandatangani MoU dengan Gubernur Jawa Barat perihal PONED.

“Kedepan akan membuat suatu program kesehatan yang strategis yaitu pendekatan, peningkatan dan pelayanan terhadap masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala UPTD Puskesmas Kec. Cijulang, Hj. Tini Supriatiningsih SIP, kepada ciamiszone menjelaskan, pada 2012 tercatat 37 Posyandu dan 298 kader se-Kec. Cijulang,  di setiap desa mempunyai 10 sampai 15 orang kader.

“Puskesmas Cijulang memang layak menjadi PONED untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. PONED dimaksudkan untuk memudahkan aksesibilitas pelayanan kesehatan. Sekarang tidak boleh ada satu pun masyarakat Cijulang yang tidak memperoleh kesehatan,” tegasnya.

Dijelaskannya, Puskemas PONED melayani kegawatdaruratan ibu dan bayi yang baru melahirkan, pelayanan pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan,  pelayanan nifas dan pelayanan KB.

“Keberadaan Puskesmas PONED diharapkan dapat menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi dan Balita (AKB),” tambahnya.

Peresmian Puskesmas PONED tersebut ditandai dengan gunting pita oleh Wabup Ciamis, dilanjutkan dengan peninjauan seluruh ruangan sarana dan sarana. Sebelumnya, Wabup sempat menyaksikan simulasi kegawatdaruratan dari Desa Siaga yang ditampilkan oleh para kader Desa Cibanten. (Jerry)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com