Home » » Siswa SD Lakukan Penelitian Hutan Mangrove

Siswa SD Lakukan Penelitian Hutan Mangrove

Written By yun ciamis on 27 January 2013 | 12:10 AM

ciamiszone.com :

PANGANDARAN,- Untuk mengaplikasikan pelajaran teori di sekolah, sejumlah siswa SD di Pangandaran melakukan penelitian langsung ke lapangan dengan mengunjungi Hutan Mangrove di kawasan Bulak Setra Babakan, Pangandaran, Sabtu (26/01/13).

Dipilihnya kawasan Hutan Mangrove di Bulak Setra, Pantai Babakan Pangandaran itu karena pesona keindahannya, mulai memasuki Bulak Setra hamparan hutan bakau (mangrove) akan terasa atmosfir hutan bakau yang nyaman. Disana juga ditemukan pembibitan bakau.

Para siswa yang mengikuti penelitian langsung ke Hutan Mangrove tersebut antara lain dari SD Negeri 1, 2 dan 6 Pangandaran, SD Negeri 5 Babakan, SD Negeri 2 Pananjung, dan SD Negeri 2 Wonoharjo, mereka didampingi oleh wali kelas dan guru mata pelajaran masing-masing.

Di Hutan Mangrove tersebut, para siswa belajar tentang tumbuh-tumbuhan yang berhubungan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan juga mempelajari sejarahnya yang berhubungan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Selain itu, di Hutan Mangrove siswa juga belajar penelitian atau pengamatan untuk mengapresiasikan antara teori dengan praktek langsung di lapangan.

Kepala UPTD Pendidikan Kec. Pangandaran, H. Munir mengatakan, dengan penelitian langsung ke lokasi oleh siswa SD tersebut, diharapkan agar para siswa bisa memahami pelajaran langsung atau praktek ke lapangan sesuai mata pelajaran yang diajarkan sehari-hari di sekolah.

“Sehingga siswa bisa mengetahui dan belajar mencintai lingkungan hidup. Ini adalah salah satu pembelajaran siswa untuk praktek langsung ke lapangan bukan hanya teori saja,” katanya. (Jerry)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com