Home » » Polres Ciamis Tangkap Puluhan Imigran Gelap

Polres Ciamis Tangkap Puluhan Imigran Gelap

Written By yun ciamis on 05 March 2013 | 9:49 AM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Jajaran Polres Ciamis berhasil membekuk rombongan yang diiduga imigran gelap asal Iran dan Afganistan, hal itu dilakukan saat puluhan imigran tersebut melintas di jalan Jendral Sudirman persis di depan Kantor Bupati Ciamis, Senin malam (04/03/13).

Rombongan imigran yang menggunakan 8 unit kendaraan itu diberhentikan sejumlah anggota Satlantas dan Satreskrim Polres Ciamis yang langsung dipimpin Wakapolres Ciamis, Kompol Hasyim Risahondua. Diduga mereka berangkat dari Jakarta dengan tujuan Cilacap atau Pangandaran yang selanjutkan akan menyebrang ke Australia untuk mencari suaka.

Menurut Wakapolres, sebelumnya pihaknya mendapat informasi dari Jakarta tentang imigran gelap yang akan melintas ke wilayah Ciamis dengan dilengkapi ciri-ciri dan jumlah kendaraan.

“Informasi ciri-ciri tersebut berhasil teridentifikasi oleh anggota kami, kami pun langsung bergerak melakukan penangkapan,” kata Hasyim seraya menambahkan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, setelah ditangkap mereka langsung dikirim ke Imigrasi Tasikmalaya.

Meskipun saat penangkapan rombongan kendaraan tersebut sempat mendapatkan perlawanan, namun kesigapan petugas berhasil meringkus mereka. Bahkan beberapa imigran sempat berusaha melarikan diri terutama mereka yang menumpangi kendaraan diurutan belakang.

Delapan unit kendaraan yang mayoritas bernopol “R” (Cilacap) itu antara lain, 2 unit Suzuki AVP, 1 unit Daihatsu Luxio, 4 unit Toyota Avanza dan 1 unit Toyota Fortuner.

Sementara Kabag Ops Polres Ciamis, Kompol Sutisna kepada ciamiszone mengakui, pihaknya masih melakukan pendataan bersama terhadap puluhan imigran tersebut.

“Saat ini yang pasti baru terdata 27 orang dari sekitar 51 orang yang berhasil diamankan. Selain itu kami juga mengamankan semua pengemudi untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” kata Kabag Ops.

Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana yang sedang berada di Bandung kepada ciamiszone Senin malam membenarkan hal itu, bahkan menurutnya pihak Satgas People Sumggling (Penyelundupan Manusia) dari Mabes Polri sudah berada di Tasikmalaya. (cZ-01)*


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com