Home » » Warga Akan Potong Pipa PDAM

Warga Akan Potong Pipa PDAM

Written By yun ciamis on 14 March 2013 | 8:59 PM

Kades Imbanagara, Dadang Supriatna menunjukan pipa PDAM yang melintang di saluran air. Pipa tersebut jika tidak segera dialihkan posisinya akan segera dipotong oleh warga setempat.
ciamiszone.com :

CIAMIS,- Karena pemasangan pipa PDAM tidak memperhatikan saluran air di kawasan Jalan Pahlawan Imbanagara, warga setempat dalam waktu dekat akan melakukan aksi pemotongan pipa yang melintang di saluran/selokan karena selama ini menyumbat air dan mengakibatkan banjir di sejumlah sawah.

Kepala Desa Imbanagara, Kec. Ciamis, Dadang Supriatna kepada ciamiszone, Kamis (14/03/13) mengakui hal itu, namun pihaknya masih bisa menenangkan warga agar menunggu niat BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citanduy yang akan segera memperbaiki pemasangan pipa tersebut.

“Sudah beberapa kali saya mengingatkan kepada pihak penanggungjawab proyek dari BBWS, tapi jawabannya selalu akan segera diperbaiki. Padahal itu sudah disampaikan sejak awal Januari 2013. Sementara musim penghujan sudah tiba, saluran kini tersumbat karena sampah yang nyangkut di pipa PDAM itu. Akibatnya sejumlah sawah kebanjiran,” katanya.

“Tersumbatnya saluran oleh bentangan pipa PDAM sangat merugikan petani yang kini sudah mulai masuk musim panen, apalagi jika hujan lebat air meluap sampai ke jalan sehingga membuat kondisi jalan cepat rusak," kata Dadang.

Menurut Dadang, pengerjaan pemasangan pipa PDAM yang melintang melewati saluran air di bawah trotoar di kawasan Jalan Pahlawan itu jelas-jelas salah, karena tidak memperhatikan arus air. Pipa dipasang melintang seenaknya tidak menyisakan jalan arus air selokan, sehingga banyak sampah yang tersangkut karenanya dan menyebabkan banjir.

"Bagaimana air bisa mengalir lancar, salurannya juga terhalang pipa, yang ada justru sampah tersangkut di pipa tersebut,” katanya.

Jika hal itu dibiarkan, ditegaskan Dadang, tidak menutup kemungkinan pipa PDAM yang baru dipasang itu lama-lama akan ambrol dengan sendirinya karena tidak akan kuat menahan aliran selokan yang debitnya selalu tinggi jika hujan lebat.

“Jika pipa tersebut bocor yang rugi tetap pemerintah dan juga warga pelanggan PDAM,” katanya.

Dengan demikian, atas nama warga, Dadang meminta kepada pihak terkait baik pemborong atau pun BBWS agar segera memperbaiki, jika tidak dikhawatirkan warga bertindak untuk membongkar gorong-gorong dan memotong pipa yang melintang tersebut.

Selain itu, ada beberapa ruas jalan masih di kawasan Jalan Pahlawan yang amblas akibat galian pipa, pihak terkait juga harus segera memperbaiki dengan benar meski sebelumnya sempat diperbaiki tapi kini kembali amblas.

Di tempat terpisah, Penanggungjawab Proyek dari pihak BBWS, Hadi Purnama mengakui, dalam minggu ini pihaknya akan membongkar dan memperbaiki posisi pipa yang menghambat saluran air tersebut.

“Proyek ini masih dalam masa perawatan, kami terus mengevaluasi dan mengecek keberadaan seluruh pipa, dan minggu ini akan memperbaiki pipa di kawasan Jalan Pahlawan tersebut karena memang posisi pemasangannya menghalangi saluran air,” kata Hadi. (cZ-01)*


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com