Home » » Pemuda Berani Cepat Tangkap Peluang

Pemuda Berani Cepat Tangkap Peluang

Written By yun ciamis on 10 April 2013 | 9:03 PM

Ketua KNPI Kab. Ciamis
ciamiszone.com

CIAMIS,- Ketua DPD KNPI Ciamis, Budi Kurnia, S.Ag, membakar semangat pemuda untuk berani menangkap peluang secepat mungkin sebelum peluang itu hilang di depan mata.

Budi yang juga akan maju dalam ajang Pilkada Ciamis 2013 ini memberikan materi Achievement Motivation Training (AMT) kepada peserta Orientasi Bela Negara bagi pemuda utusan KNPI dari 8 kecamatan di Bale Desa Imbanagara Kec. Ciamis, Kamis (28/3/13).

Menurut Budi, pemuda yang maju harus menghilangkan rasa takut akan gagal ketika peluang terbuka di depan matanya. Gagasan dan logika berpikir saja tidak cukup, berani berbuat menangkap peluang itu justru akan menjadikan pemuda memiliki teori dan gagasan berpikir baru untuk maju, disaat ia telah mencoba melewati tantangan dari peluang yang dicoba ditangkapnya.

“Penyakit akut dari pemuda yang tidak mau maju adalah terlalu takut gagal. Karena dalam pikirannya merasa bahwa tidak mungkin ia bisa melakukan melewati tantangan dari peluang yang akan dicapai. Padahal kalau kita melihat dari kunci sukses William Henry Bill Gates orang terkaya di dunia, dan Mark Zuckerberg pencipta Facebook, mereka sukses dalam usia muda, tidak hanya mengandalkan logika berpikir tetapi juga, 70 % karena spekulasi,” kata Budi. 

Presentasi AMT Budi Kurnia, diperkuat dengan ilustrasi menantang bernuansa atraktif dengan berjalan di atas barisan gelas kaca tanpa alas kaki. Enam gelas kaca tersebut tidak ada yang pecah saat dipijak. Budi meminta peserta untuk mencoba, bahkan peserta dengan berat badan paling berat. Banyak peserta yang ragu untuk melintasi gelas kaca itu, karena dalam logika berpikirnya, gelas itu tentu akan pecah ketika dipijak oleh kaki dengan berat badan puluhan kilo. 

"Logika anda mungkin mengakatakan gelas itu akan pecah ketika dipijak, apalagi berat badan anda lebih dari 50 kilo. Anda ragu dan takut mencobanya, padahal ketika kita mencoba melaluinya, tidak ada satupun gelas yang pecah, pada peluang pertama. Pada peluang berikutnya mungkin saja gelas itu akan pecah. Artinya peluang pertama di hadapan mata itu lah yang sebenarnya harus sesegera mungkin diambil,“ terang Budi.

Orientasi Bela Negara tersebut selain disampaikan Budi Kurnia, pembicara lainnya juga hadir dari pihak Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Ardan, mengatakan, Orientasi Bela Negara ini akan diberikan kepada seluruh wakil pemuda di seluruh desa di Kab. Ciamis.

“Namun kegiatannya dilakukan di beberapa zona. Setelah di sini kita akan melaksanakan kegiatan serupa di Sukamantri, Pamarican, Dan Ciamis Selatan,” kata Ardan.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut digelar untuk memperkuat partisipasi pemuda dalam rangka bela negara dan menanamkan semangat membangun.

“Bela Negera dengan semangat membangun ini, mesti kita mulai dari kalangan pemuda di skup lokal. Meskipun kita berkiprah dalam skup lokal di tingkat desa misalnya, subtansinya adalah berpartispasi dalam memperkokoh semangat membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI,” katanya. (Deni)*   


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com