Home » » Dishutbun Bina Petani Tembakau

Dishutbun Bina Petani Tembakau

Written By yun ciamis on 06 September 2013 | 9:04 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Untuk lebih meningkatkan produksi tembakau, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Ciamis membina sejumlah kelompok tani tembakau di Kab. Ciamis dalam hal kemampuan dan keterampilan pengolahan tembakau di Aula Hotel Budi Famili, Jum’at (06/09/13).

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Pengelolaan Informasi (PMPI) Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Ciamis, Ir. Ma'mun disela-sela pembinaan mengatakan, potensi tembakau di Ciamis cukup bagus namun dalam pengelolaannya saat ini masih belum maksimal, sehingga perlu pebinaan secara serius agar lebih produktif dengan memperhatian kaulitas maksimal.

Kegiatan yang diikuti oleh 100 petani terbagi dalam dua tahap itu, mengikuti pembinaan selama dua hari, masing-masing setiap tahap sebanyak 50 orang.

“Ini kegiatan tahap kedua sebanyak 50 orang, kami berharap dengan pembinana ini nantinya para petani lebih memahami bagaimana tata cara mengelola tanaman tembakau hingga produksinya terus meningkat dengan kualitas yang baik. Ini juga nantinya kembali untuk kesejehteraan petani,” kata Ma’mun.

Dijelaskannya, pembinaan petani tembakau ini masuk ke dalam pos penguatan kelembagaan yang merupakan program kelanjutan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT).

Sementara program bantuan sarana dan prasarana untuk penguatan kelembagaan, Dishutbun juga menyerahkan mesin penjarang (pemotong daun tembakau) dan pompa air bagi kelompok tani yang berada di wilayah Banjarsari.


“Sejumlah bantuan tersebut juga sama bersumber dari DBHCT,” kata Ma’mun. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com