Home » » Icakan Akan Diaudit, Tiket Gratis Beredar Ratusan Ribu Lembar

Icakan Akan Diaudit, Tiket Gratis Beredar Ratusan Ribu Lembar

Written By yun ciamis on 03 September 2013 | 12:01 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Rapat kerja Komisi II DPRD Ciamis dengan pengusaha Icakan dan sejumlah lembaga terkait membahas peredaran tiket gratis yang diduga merugikan pemerintah daerah karena tanpa perporasi dari dinas terkait tidak dihadiri oleh pengusaha Icakan, sehingga pembahasan lebih lanjut akan dilakukan secara khusus antara Komisi II, Icakan dan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kab. Ciamis, dan audit akan segera dilakukan.

Menanggapi beredarnya tiket gratis, Kabid Pendapatan pada DPPKAD, Drs. Wahyu mengakui, pihak obyek wisata Icakan mencetak ratusan ribu lembar tiket gratis tapi yang dilaporkan baru 25 ribu lembar saja tanpa adanya perporasi.

“Saat ini yang diperporasi hanya tiket resmi masuk Icakan yang mencantumkan nominal, tapi khusus tiket gratis tidak diperporasi karena selain tidak mencantumkan nominal juga Perdanya tentang kewajiban perporasi sudah dicabut karena bertentangan dengan Undang-undang,” kata Wahyu dalam rapat kerja di Gedung DPRD, Selasa (03/09/13).

Dijelaskannya, khusus untuk tiket gratis pihak Icakan sudah menyetorkan pajak Rp18.750.000 dari 25 ribu lembar yang dilaporkan sementara untuk ratusan ribu lembar lainnya belum ada kepastian.

“Selain itu Icakan juga menyetorkan kewajiban dari hasil pajak parkir 30% sebesar Rp300 ribu setiap bulannya,” kata Wahyu.

Mengenai dicantumkannya gambar Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin dalam tiket tersebut menurut Wahyu, pihaknya sudah berkonsultasi dengan Panwaslu dan KPU, dan pencantuman gambar tersebut tidak bermasalah jika sudah ada penetapan sebagai calon bupati.

Wahyu tidak bisa menjawab ketika kenyataan di lapangan ketika tiket tersebut beredar sebelum ada penetapan H. Iing sebagai calon bupati.

Sementara untuk mengawasi peredaran ratusan ribu tiket lainnya Wahyu pun mengaku akan melakukan monitoring ke lapangan.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi II sebagai pimpinan rapat akan melakukan pembahasan ulang khusus dengan pengusaha Icakan Mega Wisata dan DPPKAD. Dan DPRD akan mengusulkan untuk segera mengaudit keuangan terhadap kewajiban pajak ke Pemkab.

“Dengan kejadian ini mengindikasikan sangat terbukanya potensi Pemda untuk dirugikan ketika tiket gratis masuk dan mencantumkan discon 50% masuk ke arena permainan tanpa nominal, bagaimana Pemda berhitung kewajiban retribusinya? Apalagi Pemkab Ciamis sudah memberikan berbagai keringanan dalam pembangunan tempat wisata tersebut, sehingga audit terhadaop Icakan akan segera dilakukan,” kata Irfan. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com