Home » » Jiplak Lagu “Ciamis Dinamis”, Bumi Baru Terancam Dipidanakan

Jiplak Lagu “Ciamis Dinamis”, Bumi Baru Terancam Dipidanakan

Written By yun ciamis on 11 September 2013 | 11:30 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Diduga melanggar UU Nomor 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta, Tim sukses pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, BUMI (Budi-Mita) terancam dipidanakan dengan ancaman 7 tahun penjara atau denda maksimal Rp5 miliar.

Ancaman tersebut menyusul adanya keberatan dari Grup Band The Nation yang mengklaim pihaknya sebagai pemilik lagu single “Ciamis Dinamis” tapi tiba-tiba lagu tersebut muncul pada album “Bumi Siap Tandang” produksi Bumi Baru yang digunakan untuk kampanye Pilkada Ciamis 2013.

“Lagu Ciamis Dinamis ciptaan personel The Nation yaitu Rahman dan Ally itu tiba-tiba muncul disebuah album untuk kampanye pasangan Cabub BUMI tanpa ada konfirmasi atau izin pemilik dan pencipta. Ini melanggar UU dan kami keberatan,” kata pengacara The Nation, Asep Mulayana, SH kepada ciamiszone, Rabu (11/09/13) malam.

Dijelaskannya, pihaknya merasa keberatan karena selain tanpa mencantumkan si pencipta lagu, juga judul lagu tersebut pada urutan ke-5 di album itu tanpa izin dirubah menjadi “Ciamis Manjing Dinamis”.

“Bumi Baru selain merubah judul, juga merubah video klip-nya, yang sebelumnya bergambar berbagai potensi Kab. Ciamis dirubah menjadi gambar-bambar kampanye BUMI,” kata Asep yang mengakui, sedianya lagu tersebut merupakan karya kecil yang dipersembahkan untuk Hari Jadi Kab. Ciamis ke-371 sekaligus menyambut momentum Pilkada Ciamis 2013 dengan harapan untuk Ciamis kedepan lebih baik.

Sebelum menempuh jalur hukum, Kantor Hukum A. Mulyana, SH & Partners sebagai kuasa hukum The Nation akan melayangkan somasi kepada Bumi Baru sebagai pihak yang memproduksi album tersebut untuk duduk bersama dalam menyelesaikan masalahnya.

“Kami akan layangkan somasi, kita ajak duduk bersama jika tidak ada kesepahaman, kami akan tempuh jalur hukum. Ini sudah melanggar pasal 72 UU No. 19 tentang Hak Cipta dengan ancaman 7 tahun penjara atau denda maksimal Rp5 miliar,” kata Asep yang menyayangkan, karya cipta kliennya justru digunakan untuk kepentingan politik dalam Pilkada Ciamis 2013. (cZ-01)*

Share this article :

1 komentar:

  1. Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntumminazzholimiin..

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com