Home » » Awas Cacing Hati Pada Hewan Kurban

Awas Cacing Hati Pada Hewan Kurban

Written By yun ciamis on 16 October 2013 | 6:39 PM



ciamiszone.com :
CIAMIS,- Sebanyak 23,2 Kg hati dari hewan kurban yang dipotong di wilayah Ciamis disita untuk dimusnahkan oleh petugas Dinas Peternakan (Disnak) Kab. Ciamis karena berbahaya jika dikonsumsi.

Hati sapi sebanyak 23,2 Kg tersebut ditemukan saat Disnak melakukan sidak disejumlah tempat pelaksanaan kurban Idul Adha 1434 H selama dua hari yaitu Selasa-Rabu (15-16/10/13).

Kepala Seksi Kesehatan Hewan pada Disnak Kab. Ciamis, Reti Nugrahawati menegaskan, dari hasil sidak selama dua hari itu sebanyak 23,2 Kg hati yang mengandung cacing disita dari tujuh ekor sapi kurban yang dipotong di Polres Ciamis empat ekor, di Kejaksaan Negeri dua ekor dan di Islamic Centre satu ekor.

“Kami langsung musnahkan hati yang mengandung cacing tersebut karena berbahaya jika dikonsumsi, sementara dagingnya masih bisa dikonsumsi karena tidak berbahaya untuk kesehatan,” kata Reti.

Dijelaskannya, sapi kurban yang mengandung cacing hati bukan berasal dari sapi lokal Ciamis melainkan dari luar Ciamis. Apalagi kebutuhan sapi di Ciamis memang banyak sehingga harus impor dari luar daerah.

“Sapi kurban dari Ciamis sejak awal sudah diberi obat sehingga bisa mencegah penyakit cacing hati. Sedangkan sapi dari luar Ciamis tidak terkontrol berasal dari mana dan bagaimana perawatannya. Apalagi sapinya terkesan dadakan, satu minggu menjelang Idul Adha baru didatangkan sehingga kita tidak tahu apakah sapi itu sehat atau tidak,” jelas Reti.


Menurut Reti, setiap perayaan kurban Idul Adha sering ditemukan sapi yang mengandung cacing,. Sehingga pihaknya lebih meningkatkan pengawasan terhadap peternakan sapi di Ciamis terbebas dari penyakit,” katanya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com