Breaking News

Ciamis Beri Kontribusi Beras Nasional

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin membuka resmi Gerakan Percepatan Tanaman Padi Masa Tanam 2013/2014 di Kab. Ciamis yang digelar Dinas Pertanian Tanaman Pangan Prop. Jawa Jarat dengan tema “'Melalui Komando Gerakan Percepatan Tanam Kita Sukseskan Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN)” di Lapang Desa Golat, Kec. Panumbangan, Selasa (08/10/13).

Menurut, H. Iing Syam Arifin, Kab. Ciamis mampu memberikan kontribusi produksi beras untuk Jabar dan Nasional dari lahan 51.000 hektar yang terdiri dari sawah irigasi teknis, irigasi setengah teknis, irigasi sederhana dan irigasi desa dengan produksi padi per tahunnya mencapai 605.000 ton gabah giling sehingga rata-rata per hektarnya mencapai 6,9 ton.

“Sehingga mampu memberikan kontribusi produksi beras Prop. Jabar dan Nasional dengan surplus 200 ribu ton. Kab. Ciamis tetap konsisten dan terus berupaya dalam meningkatkan produksi padi melalui pelaksanaan program dan kegiatan dengan dukungan anggaran dari daerah, propinsi atau pusat untuk Program Produksi Beras Nasional (P2BN) dalam pencapaian target surplus beras 10 juta ton pada 2014,” kata Wabup yang juga Bupati Ciamis terpilih untuk periode 2014-2019 itu.

Menurut Wabup, Desa Golat, Kec. Panumbangan merupakan salah satu central produksi padi di Ciamis yang pengairannya cukup terjamin dengan irigasi teknis dan perdesaan sehingga mampu menanam padi tiga kali setahun.


Dalam kesempatan itu, Iing menghimbau masyarakat Ciamis terutama untuki tetap melestarikan Gunung Syawal sebagai sumber air. (Agus)

Post a Comment

0 Comments