Home » » Mahasiswa Kecam AM, Mantan Ketua MK

Mahasiswa Kecam AM, Mantan Ketua MK

Written By yun ciamis on 09 October 2013 | 11:55 PM


ciamiszone.com :
CIAMIS,- Menyusul tertangkap tangannya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), AM oleh KPK dalam kasus suap beberapa waktu lalu, puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa Galuh Menggugat (GMGM) mengecam tindakan AM yang tidak mencerminkan diri sebagai seorang penegak hukum.

Kecaman tersebut dilontarkan GMGM dalam aksinya di Halaman Kantor Setda Pemkab Ciamis dan Halaman Gedung DPRD Ciamis, Rabu (09/10/13), mereka juga menuntut penegakkan hukum atas tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh mantan Ketua MK itu hingga bisa dihukum seberat-beratnya.

“Bila perlu, AM dihukum mati karena telah mencoreng nama baik Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga tinggi Negara,” kata mereka dalam orasinya.

Korlap Aksi, Riki Hermawan menegaskan, pihaknya menolak wacana pembubaran MK, karena yang bersalah adalah manusianya bukan lembaganya jadi MK harus diselamatkan dari oknum-oknum yang melakukan korupsi.

”Akil Mochtar sebagai Ketua MK  adalah  pengkhianat bangsa,” teriak Riki yang disambut sorakan massa GMGM.

Karena Bupati Ciamis, H. Engkon Komara sedang berada di luar kota, massa aksi hanya diterima oleh Kabag Humas Setda, Drs. Wawan Ruhiyat dan Kabag Umum, Drs. Aef Saefuloh, M.Si yang keduanya menyatakan dukungan terhadap aksi untuk mendorong penegakan hukum dalam kasus-kasus korupsi.  

Sebagai bentuk dukungan terhadap penegakan hukum, kedua pejabat di Setda itu membubuhkan tandatangan pada spanduk yang disediakan GMGM.

Hal sama juga dilakukan massa GMGM di Halaman Gedung DPRD CIamis, mereka diterima oleh Wakil Ketua DPRD, Gandjar M. Yusuf. Meski sempat terjadi sedikit keributan antara massa dengan anggota polisi gara-gara massa dilarang membakar ban, namun ketegangan berlangsung singkat setelah Ganjar M. Yusup memberikan pengarahan sekaligus menanggapi tuntutan pendemo.

Ganjar yang juga ikut menandatangani spanduk, menyarankan agar mahasiswa jangan hanya melakukan aksi untuk menyikapi persoalan yang terjadi diluar lingkup Pemkab Ciamis, tetapi juga harus menyikapi permasalahan yanga ada di Pemkab Ciamis.


“Coba telusuri terjadinya dugaan paktek percaloan proyek yang terjadi di Ciamis, apalagi jika terbukti pelakunya anggota dewan,” kata Gandjar yang disambut aplaus oleh massa pendemo. (Agus)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com