Home » , » Penemuan Batu Prasejarah Belum Ditindaklanjuti

Penemuan Batu Prasejarah Belum Ditindaklanjuti

Written By yun ciamis on 23 October 2013 | 8:15 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Sebanyak 170 buah batu yang diduga peninggalan bersejarah sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Ciamis untuk menghadirkan petugas dari Balai Arkeologi memastikan keberadaan batu-batu prasejarah yang ditemukan sejak tahun 2011 itu.

Penemu batu, Ojo Parjo (63) warga Dusun Ciaren, Desa Sukamaju, Kec. Baregbeg menuturkan, batu-batu yang ditemukannya sejak Februari 2011 itu menyerupai perkakas dapur seperti pisau, kapak, cowet dan mutu (ulekannya).

Menurut Ojo, pada 2012 dirinya melaporkan penemuannya itu ke Disbudpar Kab. Ciamis yang langsung ditindaklanjuti dengan melakukan survey ke lokasi penemuan.

“Ketika itu pihak Disbudpar menyarankan agar batu-batu ini disimpan dulu dirumah saya dan tidak boleh dipisahkan, karena masih satu lokasi untuk mempermudah proses penelitian oleh Balai Arkeologi,” kata Ojo.

Namun, Ojo menyayangkan, sampai Rabu (23/10/13) belum ada penelitian lebih lanjut yang dijanjikan pihak Disbudpar untuk mendatangkan para arkeolog dari Balai Akrkeologi.

Sehingga pihaknya berusaha merawat untuk mengamankan benda bersejarah tersebut, bahkan dirinya sempat membuat proposal ke Dispudbar untuk memohon bantuan biaya perawatan dan pemeliharaan, tapi belum ada tanggapan.

Kabid Kebudayaan pada Disbudpar Kab. Ciamis, Drts. Agus Yani, M.Si mengakui, batu-batu yang ditemukan di baregbeg itu diduga berasal dari zaman prasejarah.

“Jika dilihat sepintas batu-batu tersebut mirip perkakas yang digunakan manusia pada zaman parsejarah, seperti pisau dan kapak, namun harus diteliti lebih lanjut,” katanya.

Dijelaskan Agus, penemuan tersebut sudah didaftar di Disbudpar dan disampaikan ke Balai Arkelologi untuki dilakukan penelitian.


“Mungkin karena keterbatasan tim ahli jadi belum diagendakan untuk datang ke Ciamis,” kata Agus. (Agus)

Share this article :

2 komentar:

  1. Sayang sekali dN sangat disesalkan kalau belum juga diteliti hingga saat ini. Coba kalau ada orang luar negeri yang mau meneliti? beliau-beliau gak merasa dihargai.

    ReplyDelete
  2. Bang masih ada ga batu itu,skarang saya di balai arkeologi.

    ReplyDelete



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com