Home » , » TNI Harus Profesional, Militan, Solid dan Bersama Rakyat

TNI Harus Profesional, Militan, Solid dan Bersama Rakyat

Written By yun ciamis on 06 October 2013 | 12:04 AM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Dalam peringatan HUT TNI ke-68 Tahun 2013, Dandim 0613 Ciamis, Letkol. Inf. Rudy Jan Pribadi menegaskan, anggota TNI harus profesional, militan, solid dan bersama rakyat sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan tahun ini.

Upacara peringatan HUT TNI ke-68 dipusatkan di Halaman Makodim 0613 Ciamis dengan tema “Profesional, Militan, Solid dan Bersama Rakyat” dihadiri Kapolres Ciamis, AKBP. Witnu Urip Laksana, Sekda Ciamis, Drs. H. Herdiat, MM, Ketua DPRD Ciamis, H. Asep Roni, dan juga jajaran pejabat Pemkot Banjar, Sabtu (05/10/13)

Dalam kesempatan itu, Dandim memberikan tujuh saran kepada anggotanya sebagai pedoman untuk mencapai tema yang diusungnya itu.

Ketujuh saran tersebut diantaranya, untuk terus meningkatkan keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika bagi prajurit dan PNS TNI dalam melaksanakan tugas.

Selain itu menurut Dandim, TNI juga harus meningkatkan profesionalitas keprajuritan dengan terus belajar dan berlatih. Soliditas dan solidaritas antar prajurit dan satuan  serta dengan masyarakat juga harus ditingkatkan sebagai modal dalam  membina kebersamaan TNI Rakyat sehingga tercipta kesatuan usaha dalam mengatasi kesulitan rakyat yang akan semakin memperkuat kecintaan rakyat kepada TNI.

“Tingkatkan militansi keprajuritan melalui penguatan dan pengamalan  nila-nilai sapta marga, sumpah prajurit dan 8 wajib TNI baik dalam konteks operasi tugas militer perang maupun operasi militer selain perang yang mampu menginspirasi sikap bela Negara dari segenap komponen masyarakat di sekelilingnya,” kata Dandim.

Ditegaskannya, tegakan kesatuan komando dan kembangkan kepembinaan lapangan yang diharapkan bagi tumbuhkembangnya sikap partisipatip sehingga kreativitas yang berkembang dan upaya membangun komunikasi dua arah dengan seluruh lapisan masyarakat tetap berada dalam koridor kebijakan dan berada dalam  konteks pelaksanaan tugas yang diembankan oleh Negara.

“TNI juga harus memegang teguh komitmen netralitas TNI dalam tiap aktivitas politik di pusat dan di daerah karena komitmen netralitas tersebut adalah jaminan bagi terselenggaranya pemilu 2014 dan suksesi kepemimpinan nasional secara lancar dan tertib, bebas, adil dan damai,” katanya seraya menegaskan, motto “Bersama Rakyat TNI Kuat” sebagai acuan dalam kreativitas membangun dan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Upacara HUT TNI juga diwarnai atraksi bela diri Perguruan Tadjimalela yang menampilkan jurus lampak, jurus kujang tadjimalela dengan atraksi tanding.

Usai upacara, Dandim sempat mengungkapkan rasa bangganya dengan kondusifitas keamanan wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran, termasuk selama proses Pilkada Ciamis hingga pasca terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati baru untuk periode 2014-2019 yang ditetapkan KPU Kab. Ciamis.


“Selama Pilkada tidak ada ancaman yang mengganggu keutuhan NKRI, bahkan kebersamaan antara prajurit dengan seluruh elemen masyarakat maupun ormas sangat tinggi dan saya berharap hal ini terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Saya secara pribadi membuka diri 24 jam kepada seluruh masyarakat yang ingin bersilaturahmi untuk mendapatkan pelayanan masyarakat,” kata Dandim. (Agus)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com