Home » » BAZ Potensi Peningkatan Kesejahteraan

BAZ Potensi Peningkatan Kesejahteraan

Written By yun ciamis on 07 November 2013 | 9:01 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Keberadaan Badan Amil Zakat (BAZ) sangat berpotensi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena dengan zakat sedikitnya bisa mambantu masyarakat yang kurang mampu.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kab. Ciamis, H. Asep Roni disela pembentukan BAZ Kec. Sadananya usai meresmikan Gedung KUA Kec. Sadananya, Kamis (07/11/13).

Dijelaskan Asep Roni, pemerintah sudah menetapkan Perda No. 10 Tahun 2010 sebagai pengganti Perda No. 14 Tahun 2014 tentang Zakat, Infaq dan Sodakoh, untuk merealisaiskannya dihimbau BAZ bisa terbentuk disetiap kecamatan, sementara BAZ di kabupaten akan berfungsi untuk mengkoordinir kegiatan di kecamatan.

“Pemerintah memang sedang terus menggalakan pajak, namun pembayar pajak harus diseimbangkan dengan zakat, karena zakat itu perintah Alloh SWT sementara pajak hanya kewajiban terhadap pemerintah. Dengan dibentuk BAZ untuk mengumpulkan zakat di daerah selain untuk membersihkan diri juga bisa mensejahterakan masyarakat yang tidak mampu. Jadi BAZ juga sebagai pengingat untuk mengeluarkan zakat,” kata Asep Roni.

BAZ sebagai pengkoordinir pemberi dan penerima zakat, adalah potensi sumber daya untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan, apalagi jika system pengelolaannya dan manajemennya dijalankan dengan lebih baik.

Dijelaskannya, BAZ  terdiri dari tiga bagian, antara lain Badan Pelaksana BAZ, Dewan Pertimbangan dan Komisi Pengawasan, lahirnya BAZ disetiap kecamatan merupakan terobosan baru di daerah agar meningkatkan semangat dan kesadaran akan berzakat. (Agus)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com