Home » » Ciamis Peringkat 10 Besar Penderita Diabet

Ciamis Peringkat 10 Besar Penderita Diabet

Written By yun ciamis on 14 November 2013 | 8:11 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Penderita penyakit diabet yang sudah dirujuk di RSUD Ciamis baik yang rawat inap maupun rawat jalan tercatat sebanyak 3.323 orang, mayoritas pasien berumur 30 tahun ke atas. Kenyataan itu menjadikan Kabupaten Ciamis termasuk pada peringkat 10 besar penderita diabetes se-Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan Kabid  Pelayanan RSUD Ciamis, dr. H. Ramdhan Pahsja di ruang kerjanya, Kamis (14/11/13) seraya menegaskan, penyebab terjadinya penyakit diabet karena pola makan yang tidak sehat.

“Pola makan tidak sehat menyebabkan diabet,  dalam arti akibat kelebihan kalbohidrat dan faktor lainnya, seperti faktor keturunan, kurang olahraga dan faktor stress. Efek dari penyakit diabetmelitus ini selain beresiko amputasi juga bisa menyebabkan kematian,” kata Ramdhan.

Berdasarkan data yang diperoleh ciamiszone untuk tahun 2013 terdapat seorang pasien penderita diabet meninggal, tetapi bukan warga Ciamis, melainkan warga Kab. Cilacap yang saat itu berlebaran di Ciamis.

Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit diabet atau biasa disebut penyakit gula, Ramdhan menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Ciamis agar tetap menjaga pola hidup sehat.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati, bahkan dalam Islam pun mengatakan berhentilah makan sebelum kenyang,” kata Ramdhan seraya menambahkan, warga disarankan dalam setiap 6 bulan sekali harus memeriksa kadar gula darah ke Rumah Sakit atau tempat pelayanan kesehatan terdekat untuk mengantisipasi resiko yang lebih besar.

Dijelaskannya, masyarakat bisa diberi pengobatan secara insulin maupun melalui obat pil/tablet. Kadar gula darah normal manusia adalah mulai 100 sampai 200 mg/dL, apabila kurang atau pun lebih dari itu dinyatakan menderita penyakit diabetes.


“Gejala utamanya penderita penyakit diabet yaitu terjadinya  polidipsi, mudah lapar, mudah haus, dan banyak kencing,” tegasnya. ***

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com