Home » » Hari Anti Korupsi Diwarnai Demo Mahasiswa

Hari Anti Korupsi Diwarnai Demo Mahasiswa

Written By yun ciamis on 09 December 2013 | 3:53 PM



ciamiszone.com :

CIAMIS,- Puluhan mashasiswa  yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Ciamis Bersatu (Format) mewarnai peringatan Hari Anti Korupsi, Senin (09/12/13) dengan mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis, Setda Ciamis dan DPRD Ciamis. Mereka mendesak Kajari, Pemda dan DPRD mendukung sepenuhnya terhadap pemberantasan korupsi khususnya di Kab. Ciamis.

“Hari ini Hari Anti Korupsi, kedatangan kami merupakan bentuk kejenuhan mahasiswa karena di Ciamis masih ada yang korup, dan ini harus dibumihanguskan,” kata mereka dalam orasinya di Halaman Kantor Kejari Ciamis.

Selain berorasi secara bergantian, puluhan mahasiswa tersebut juga melakukan aksi teaterikal yang menggambarkan penegak hukum KPK dan Jaksa dalam menangani kasus korupsi terhadap koruptor dikesankan adanya “tarik ulur” sementara keberadaan rakyat semakin menderita.

“Kita tidak mengharapkan adanya kasus korupsi yang dipetieskan apalagi karena persoalan politik sehingg dalam penanganannya seolah terjadi tarik ulur,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Format mengakui, melalui Hari Anti Korupsi diharapkan bisa melahirkan atmosfir kuat untuk pelaksanaan supremasi hukum yang tidak hanya dimaknai sebagai penyelesaian atas kasus-kasus tetapi juga harus dimaknai sebagai penyadaran hukum terhadap seluruh elemen, baik masyarakat dan pemerintah, terlebih lembaga-lembaga hukum sebagai leading sektor.

“Kami mengajak publik untuk berperan aktif dalam melawan korupsi dan koruptor. Sadar akan dampak korupsi dengan melihat fakta-fakta sosial. Dan tidak pernah melakukan korupsi sekcil apapun,” tegasnya.

Pernyataan sikap pun dilontarkan Format, diantaranya mendesak eksekutif dan legislatif di Pemkab Ciamis untuk peka terhadap kasus-kasus tindak pidana korupsi (tipikor) di Ciamis untuk kemudian berkomitmen menyelesaikannya secara hukum.

Format juga mendesak lembaga-lembaga penegak hukum untuk terus melakukan pemberantasan tipikor di Bumi Tatar Galuh, dan menghimbau seluruh elemen untuk bersama-sama menyatakan perang terhadap tipikor, karena korupsi pelanggaran HAM yang paling nyata.

Menanggapi hal itu, Kejari Ciamis, Joko Purwanto menyambut baik niat baik para mashasiswa yang mendukung sepenuhnya pegakan hukum terhadfap kasus tipikor.

Hal serupa juga diungkapkan Ass. II Bidang Ekbang dan Kesra, HM. Soekiman yang menerima para mahasiswa di Halaman Setda, begitu juga Ketua DPRD Ciamis, H. Asep Roni menyatakan dukungannya terhadap pemberantasan korupsi di Ciamis. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com