Home » » Kadisnak, “Pesta Patok Akan Tetap Dilestarikan”

Kadisnak, “Pesta Patok Akan Tetap Dilestarikan”

Written By yun ciamis on 18 December 2013 | 12:54 PM


ciamiszone.com :

CIAMIS,- Meskipun Pesta Patok 2013 merupakan pesta patok terakhir yang digelar Dinas Peternakan Kab. Ciamis, mengingat mulai Januari 2014 Dinas Peternakan dimerger menjadi Dinas Peternakan dan Perikanan, bukan berarti merupakan silaturahmi terakhir para peternak se-Kab. Ciamis.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Peternakan Kab. Ciamis, Drs. H. Wasdi Idjudin, M.Si disela penutupan Pesta Patok 2013 di kawasan pasar Ternak Terpadu Ciamis, Rabu (18/12/13) seraya mengakui, Pemkab Ciamis tetap berkomitmen untuk mengembangkan pembangunan peternakan dan penganekaragaman olahan hasil ternak yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

“Meskipun Pesta Patok 2013 ini merupakan yang terakhir bagi Disnak, tapi tetap akan dilestarikan, kedepannya Disnak menjadi Dinas Peternakan dan Perikanan, karena komitmen Pemkab yang akan terus mengembangkan peternakan di Ciamis,” kata H. Wasdi.

Menurutnya, upaya menyiapkan pangan hewan yang ASUH tidak terlepas dari peranan peternak dan pelaku usaha peternakan melalui penerapan biosecurity dan kesehatan lingkungan.

Untuk pengingkatan SDM dan kelembagaan peternak dilakukan melalui Diklat, Bimtek, kelompok dan pengembangan organisasi profesi seperti Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI), HIMPULI, HIPPAPI, PPSKI, APKINDO dan lainnya yang dapat menjadi wadah untuk meningkatkan silaturahmi peternak.

Kadisnak berharap, melalui organisasi tersebut para peternak dapat lebih mudah berkomunikasi, bertukar pengalaman, transfer teknologi dan mengembangkan jaringan baik untuk budidaya maupun pemasaran.

“Apalagi dengan hadirnya Pasar Ternak Terpadu dapat meningkatkan posisi tawar dan nilai jual produksi peternakan. Pasar ternak sendiri akan beroperasi mulai Kamis dan Minggu ini,” tegasnya.
Menurut Wasdi, untuk pemasaran domba dan kambing dibuka pada hari Kamis dan Minggu, sementara pemasaran sapi hanya hari Minggu saja sedangkan khusus untuk pemasaran unggas belum ada jadwal kesepakatan dari para peternak atau pelaku usaha ternak.

“Kami sudah siapkan tempat untuk unggas tapi belum ada kesepakatan waktunya,” tambah H. Wasdi. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com