Home » , » Pangandaran Harus Lebih Maju

Pangandaran Harus Lebih Maju

Written By yun ciamis on 04 December 2013 | 12:49 PM


ciamiszone.com :

PANGANDARAN,-  Sebagai daerah pemekaran kedua dari Ciamis setelah Kota Banjar, Kab. Pangandaran dengan potensi aset wisatanya diharapkan bisa lebih maju untuk mencapai kesejahteraan masyarakatnya. Mengacu pada perkembangan Kota Banjar, tidak menutup kemungkinan Pangandaran akan lebih berkembang dan maju pesat menjadi daerah wisata andalan.

Hal itu diungkapkan Ketua PWI Perwakilan Ciamis, Anjar Asmara menyikapi hasil Sarasehan Bersama Gubernur Jabar yang digelar PWI Ciamis di Aula Hotel Laut Biru Pangandaran, kemarin.

Menurut Anjar, sepuluh tahun terakhir, Ciamis mengalami perubahan dalam pemerintahan. Pada 2003 melepas Kota Banjar menjadi daerah otonom dan setahun lalu Pangandaran yang selama ini menjadi ikon wisata Ciamis juga harus lepas dari Ciamis.

“Pelepasan dua daerah itu, tentu bukan sesuatu yang harus disesali, tetapi menjadi sebuah langkah untuk sama-sama meraih kemajuan,” kata Anjar kepada ciamiszone, Rabu (04/12/13) seraya menambahkan, Banjar tampak banyak mengalami perubahan dibanding sebelumnya, jejak keberhasilan diharapkan bisa diikuti oleh Pangandaran.

“Sehingga nantinya sejarah mencatat, bahwa daerah-daerah yang dimekarkan dari Ciamis sebagai daerah maju, bukan daerah gagal,” tambahnya.

Untuk itu, tiga wilayah perlu saling mendukung dan mendorong karena daerah induk dan anak harus tumbuh secara sehat, dengan duduk bersama akan nampak kendala dan peluang perkembangannya yang saling menguntungkan.

Sementara sebelumnya, Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan mengharapkan, Pangandaran akan lebih maju dibanding sebelumnya mengikuti daerah induknya, seperti halnya Kota Banjar yang maju menyusul induknya yang terlebih dulu.

“Ini merupakan keberhasilan pemekaran, begitu juga jika Pangandaran maju lebih baik dengan potansi wisatanya yang juga didukung masyarakatnya. Pangandaran akan mampu bersaing dengan Prop. Bali. Kenapa tidak nantinya Pangandaran akan menjadi Balin-ya Jawa Barat,” kata Gubernur.

Untuk itu Pangandaran harus didesain mulai sekarang dengan melibatkan berbagai unsur akademis dengan konsep modernisasi kedepan, sehingga pemerintah cukup memperdakannya dan masyarakat melalui pihak swasta bergerak melakukan pembangunan perekonomiannya.

“Pemerintah cukup menyiapkan desainnya, pihak swasta yang bergerak, nantinya akan tercipta rasa nyaman bagi masyarakat,” kata Gubernur. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com