Home » » PKL Diuji Pengetahuannya Lewat LCC

PKL Diuji Pengetahuannya Lewat LCC

Written By yun ciamis on 23 December 2013 | 12:05 PM


ciamiszone.com :

CIAMIS,- Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) di Ciamis diuji pengetahuannya dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) di Taman Raflesia Ciamis, Senin (23/12/13). Kegiatan yang dibuka Bupati Ciamis, H. Engkon Komara itu sangat antusias diikuti oleh para PKL yang tergabung dalam lima grup.

Panpel Kegiatan, Didin Sadudin yang juga Kabid Pelayanan Pasar pada Disperindagkop dan UKM Kab. Ciamis mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka sosialisasi Perda No 10 tahun 2012 tentang Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3) yang harus dipahami oleh seluruh PKL di Ciamis.

Menurut Didin, jika sosialisasi Perda K3 tersebut dilakukan secara resmi dengan mengundang mereka disebuah ruangan dan diberi arahan, mereka akan jenuh dan kurang antusias, sehingga dikemas dalam sebuah kegiatan berbentuk LCC.

“Sebelumnya mereka dibagi buku panduan Perdanya untuk dipelajari, setelah itu baru diuji. Saya yakin mereka mengetahui kewajiban-kewajibannya sebagai PKL tinggal mengaplikasikannya di lapangan,” katanya.

Dengan kegiatan seperti ini menurut Didin, diharapkan semua PKL akan memahami tentang K3 yang sangat berhubungan dengan kesehariannya sehingga tidak ada lagi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan.

“Pada dasarnya mereka mengerti dan tahu, namun mereka belum memahami sepenuhnya tentang K3, sehingga masih ada yang kurang memperhatikan K3. Untuk itu kami memfasilitasi mereka agar lebih memahami,” katanya.

Didin juga menegaskan, masih adanya roda-roda atau lapak-lapak yang ditinggalkan pemiliknya saat mereka tidak berjualan, sangat mengganggu keindahan sehingga perlu ditata dengan baik.

“Insya Allah mulai 2014 kami akan menyiapkan tempat untuk menyimpan roda-roda yang ditinggalkan pemiliknya jika berhenti berjualan. Ya kita siapkan semacam terminal roda-roda PKL yang lokasinya sudah kami incar di belakang kantor Perpustakaan, tapi memang itu baru sebatas PKL di wilayah Ciamis Kota saja, ” katanya. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com