Breaking News

Setiap Jum’at, PNS Pakai Baju Tradisional Sunda


ciamiszone.com :

CIAMIS,- Untuk mengenang dan melestarikan kebudayaan sunda, setiap hari Jum’at seluruh PNS di lingkup Pemkab Ciamis dihimbau menggunakan pakaian adat sunda lengkap dengan iketnya. Diharapkan dengan keseragaman penggunaan pakaian adat sunda itu bisa mengembangkan budaya sunda khususnya di Ciamis.

Demikian diungkapkan Bupati Ciamis, H. Engkon Komara usai sholat Jum’at kepada ciamiszone yang mengakui, penggunaan pakaian adat setiap hari Jum’at tersebut hanyalah himbauan, bukan paksaan.

“Saya hanya menghimbau, bagi mereka yang ingin membudayakan pakaian sunda silahkan mengenakan pakaian pangsi lengkap dengan iketnya. Karena tidak dipungkiri dengan berpakaian adat sunda mungkin ada rasa rindu terhadap suasana budaya sunda,” katanya, Jum’at (06/12/13).

Dijelaskannya, pelestarian budaya saat ini sedang gencar dilakukan diseluruh daerah, termasuk tingkat dunia, bahkan sejumlah kerajaan saat ini kumpul di Jakarta, mereka memperlihatkan kebudayaan masing-masing.

“Di Ciamis sendiri tidak salah jika ingin membudayakan baju tradisional sunda sebagai bentuk kecintaan terhadap daerah, tapi ini hanyalah himbauan bagi mereka yang ingin mengenakannya, dan mereka yang tidak mengenakan juga tidak ada sanksi yang memberatkan mereka,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga merasa bangga dengan himbauannya yang ternyata diiukti oleh mayoritas PNS, meskipun masih ada PNS yang tidak mengenakan pakaian adat sunda (pangsi plus iketnya) tapi itu bukan berarti mereka tidak mengindahkan himbauan.

“Ya mereka belum sempat saja, atau mereka lupa. Ini kan baru Jum’at pertama mereka menjalankan himbauan,” katanya.  (cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments