Home » » Tahun Politik, Kades Harus Netral

Tahun Politik, Kades Harus Netral

Written By yun ciamis on 10 December 2013 | 12:31 PM


ciamiszone.com
CIAMIS,- Kepala Desa (Kades) dituntut harus mampu berkomunikasi dengan berbagai elemen, baik masyarakat maupun ke tingkatan lebih tinggi Camat atau Bupati. Hal itu sangat penting untuk menjalin hubungan terkait pembangunan di desanya masing-masing. Selain itu Kades juga harus netral dalam menghadapi tahun politik.

Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis, H. Engkon Komara usai melantik 30 Kades di Gedung PKK Ciamis, Selasa (1/12/13). Sebanyak 30 kades dari 16 kecamatan sebelumnya terpilih setelah mengikuti Pilkades dimasing-masing desanya.

Menurut Bupati, diera demokrasi ini apalagi dalam menghadapi tahun politik, Kades harus bisa menempatkan diri pada posisi sebagai orang netral sehingga bisa merangkul masyarakatnya, jangan sampai terjadi pro kontra masyarakat dengan kadesnya.

“Bukan berarti menghalangi hak sebagai warga, tapi kades harus bisa menempatkan diri, jangan terlalu maju sehingga ada kesan berat sebelah terhadap salah satu partai,” kata Bupati.

Dijelaskannya, pada tahun politik 2014 selain akan digelar Pemilu juga Pilpres, diharapkan masyarakat bisa menjalankan pesta demokrasi dengan aman dan kondusif.

Bupati juga mengingatkan, dalam menjalankan tugasnya untuk membangun desa harus berjalan bersama warga dan bangun komunikasi yang baik.

“Jadi Kades harus komunikatif, harus bisa berkomunikasi secara baik dengan seluruh elemen masyarakatnya, terlebih kepada tingkatan lebih tinggi baik camat, kepala dinas, anggota dewan bahkan dengan Bupati,” katanya.

Dari sebanyak 30 kades yang dilantik tersebut, tiga diantaranya adalah incumbent yang kembali terpilih untuk periode kedua, yaitu Kades Cikupa Kec. Banjarsari, Endi Supendi, Kades Sukamulya Kec. Baregbeg, Nanang dan Kades Werasari Kec. Sadananya, Holid Abdul Rohman, S.Ag. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2018. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com