Home » , » Ciamis Kembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya

Ciamis Kembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya

Written By yun ciamis on 20 January 2014 | 3:37 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Sesuai nomenklatur baru keberadaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparek) Kab. Ciamis siap mengembangkan sejumlah kelompok kreatif mulai dari kegiatan home industri sampai ke kelompok seni budaya untuk mendongkrak pariwisata Ciamis.

Kabid Ekonomi Kreatif pada Disparek Kab. Ciamis, Drs. Agus Yani, M.Si menjelaskan, implementasi tugas pokok dan fungsi Bidang Ekonomi Kreatif akan bergerak dengan berbasis seni budaya, sehingga sejumlah kelompok kreatif mulai dari kegiatan home industri binaan Disperindag dan kelompok seni budaya akan dipromosikan melalui Disparek.

“Ekonomi kreatif berbasis seni budaya ini memang jangkauannya cukup luas, selain memantau perkembangan kelompok-kelompok home industri untuk dikembangkan dan dipromosikan, juga menjangkau kegiatan kelompok seni budaya, terutama budaya lokal yang bisa menunjang perkembangan pariwisata Ciamis,” katanya.

Kedepannya, pariwisata di Ciamis nantinya akan dipaketkan dengan makanan-makanan dan kerajinan khas Ciamis hasil dari para kelompok home industri, termasuk sejumlah kebudayaan lokal akan dipromosikan sehingga pariwisata Ciamis akan identik dengan makanan dan budayanya.

Bukan itu saja, menurut Agus, sejumlah seni lainnya mulai fasion, seni lukis dan seni photografi pun masih dalam jangkauan Bidang Ekonomi Kreatif termasuk perfilman.

“Memang di Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ada seksi perfilman tapi itu berkaitan dengan edukasi-nya dan kami bisa bekerjasama dengan mereka dalam promosi atau aksi implementasi dilapangannya, beitu juga kerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perinsdustrian yang selama ini membina para kelompok home insdustri,” tegas Agus Yani. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com