Home » » FKB Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

FKB Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Written By yun ciamis on 29 January 2014 | 4:18 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Untuk memberikan pengetahuan wawasan kebangsaan bagi kader-kadernya,  Karang Taruna Kab. Ciamis menggandeng Forum Ketahanan Bangsa (FKB) menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan bagi para anggota Karang Taruna di tingkat desa dan kecamatan.

Ketua Karang Taruna Kab. Ciamis, Aries Firdaus mengakui, kegiatan sosialisasi tersebut akan dilakukan secara bertahap diseluruh kecamatan di Kab. Ciamis, untuk tahap pertama dilakukan di Kec. Lumbung, Rabu (29/01/14).

“Ini kegiatan program Karang Taruna bekerjasama dengan FKB, diharapkan setelah mengikuti sosialisasi, warga Karang Taruna di kecamatan dan desa mampu menularkan wawasannya kepada yang lainnya yang tidak bisa hadir semua mengikuti sosialisasi,” kata Aries disela acara sosialisasi.

Menurutnya, roadshow sosialisasi pertama ini diiukti oleh sekiditnya 50 pengurus Karang Taruna desa se-Kec. Lumbung, dan pihaknya mengucapkan termakasih kepada Camat Lumbung yang sudah membantu kelancaran acara tersebut.

“Karang Taruna harus merubah image, sebelumnya terkesan hanya sebagai kumpulan anak muda yang selalu menggelar kegiatan olahraga dan kesenian kini harus dikembangkan jangan hanya terfokus pada kegiatan tapi harus kreatif, dan mampu membuka peluang dunia usaha untuk mencapai kesejahteraan. Untuk itu perlu adanya tambahan wawasan mengenai kebangsaan. Jadi ini dasar bagi warga Karang Taruna untuk maju lebih kreatif lagi,” kata Aries.

Sementara Ketua Forum Ketahanan Bangsa (FKB) Kab. Ciamis, Mohammad Izudin yang juga hadir sebagai pemateri mengakui, sosialisasi kebangsaan khususnya bagi warga Karang Taruna minimalnya akan memberikan pencerahan terhadap kondisi NKRI.

“Sebagai generasi penerus bangsa, warga Karang Taruna di desa-desa harus lebih maju satu langkah dibanding ormas lainnya, terutama dalam menghadapi pesta akbar demokrasi yang akan berlangsung April mendatang, harus memahami dan mengetahui hak dan kewajibannya sehingga lebih andil mensukseskan Pemilu 2014,” katanya.

Wawasan kebangsaan, menurut Izudin, secara umum untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Namun kami akan bertahap dan baru terfokus pada Pancasila saja, karena jika dikupas semua akan memakan waktu yang cukup lama,” katanya.

Izudin juga mengakui, sosialisasi kebangsaan sebetulnya merupakan program pemerintah, dan DPR-RI jauh sebelumnya sudah melakukan roadshow sosialisasi di seluruh pelosok Indonesia, bahkan Ketua Tim Kerja Materi dan Sosialisasi MPR-RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, turun langsung menjadi pematerinya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com