Home » » Pergantian Tahun Di Ciamis Meriah

Pergantian Tahun Di Ciamis Meriah

Written By yun ciamis on 01 January 2014 | 2:55 AM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Warga Tatar Galuh menyambut pergantian tahun dipusatkan di Taman Raflesia dan Alun-alun Ciamis, warga menyemut di pusat kota hanya untuk menyambut pergantian tahun 2013 ke 2014 secara bersamaan.

Menjelang detik-detik pergantian tahun, bunyi knalpot dan klakson kendaraan, diiringi terompet dan letusan sejumlah petasan mengiringi pergantian tahun yang juga dimeriahkan dengan letusan kembang api yang mewarnai langit Tatar Galuh, tak pelak suasana disekitar pun menjadi putih karena asap kembang api dan petasan.

Ada yang berbeda dengan pergantian tahun kali ini, sejumlah akses jalan menuju kawasan Alun-alun Ciamis yang menjadi pusat berkumpulnya warga ditutup oleh pihak kepolisian, akibatnya terjadi kemacetan disejumlah ruas jalan di Ciamis Kota.

“Sejak sore jalan ke kawasan Alun-alun ditutup oleh polisi, tadi sore memang tidak begitu macet karena arus kendaraan masih bisa lancar mengikuti jalan-jalan alternatif. Tapi setelah hari mulai gelap, kemacetan pun terjadi,” kata Aldi salah seorang warga yang memeriahkan pergantian tahun di Alun-alun.

Namun atas kesigapan petugas kepolisian, perayaan pergantian tahun di Ciamis berjalan lancar, meskipun ribuan massa sempat memadati kawasan Alun-alun dan Taman Raflesia tapi secara massa bisa dikendalian, mereka berangsur surut membubarkan diri, hingga pukul 02.00 kawasan Alun-alun kembali normal.

Alun-alun Ciamis memang setiap tahunnya selalu menjadi pusat berkumpulnya warga, bukan hanya dari Ciamis tetapi banyak juga warga Tasikmalaya dan Banjar yang sengaja menghabiskan malam terkahirnya bersama warga Ciamis di Alun-laun dan Taman Raflesia.

Alun-alun Ciamis memang strategis karena dari dua ruas jalannya merupakan jalan protokol jalur lintas selatan menuju Jawa Tengah via Banjar dan menuju Bandung via Tasikmalaya, sehingga jalan protokol tersebut tidak ada matinya. Namun ketika ditutup oleh petugas, terpaksa sejumlah kendaraan yang hanya akan lewat pun harus rela mengalami antrean kemacetan mengingat jalan alternatif yang ada tidak sebanding dengan volume kendaraan yang lewat. (cZ-01)*  
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com