Home » , » Turunan Galuh Cuci Ratusan Benda Pusaka

Turunan Galuh Cuci Ratusan Benda Pusaka

Written By yun ciamis on 30 January 2014 | 11:41 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Sebanyak  lebih dari 100 buah benda pusaka peninggalan Kerjaan Galuh yang tersimpan di Museum Galuh Imbanagara, serentak dicuci di Halaman Meseum, Kamis (30/01/14) malam bertepatan dengan malam Jum’at Kliwon di akhir bulan Maulud ini.

Ketua Yayasan Galuh, Raden Enggun Rachmat sebagai pengelola Museum Galuh Imbagara mengatakan, acara pencucian benda pusaka peninggalan yang biasa disebut “Jamasan” ini rutin dilakukan untuk merawat benda peninggalan Kerajaan Galuh agar tetap terjaga dan lestari.

Raden Enggun yang juga masih keturunan Kerajaan Galuh itu mengakui, selain untuk melestarikan budaya, keberadaan Imbanagara ini merupakan cikal bakal Kab. Ciamis yang sebelumnya berpusat di Imbanagara, sehingga perlu diketahui dan dilestarikan agar masyarakat Tatar Galuh tahu sejarahnya. Apalagi sejumlah makam Bupati Galuh berada di wilayah Imbanagara.

Diakuinya, sejunmlah peninggalan Raja-raja Galuh itu antara lain berupa keris, tombak, mahkota, ajimat dan lainnya sebelumnya hanya 56 buah saja, namun atas kesadaran warga setelah museum berdiri mereka  yang menyimpan peninggalan para leluhurnya menyerahkan benda-benda peninggalan di museum agar terawat.

“Tidak ada maksud lain dari acara Jamasan ini, kami hanya melestarikan tradisi dari orang tua dan menghargai nilai-nilai budaya, jika kami tidak melaksanakannya, kami pun ada rasa takut kuwalat,” katanya.


Raden Enggun berharap, warga Tatar Galuh yang ingin mengetahui lebih jauh sejarah Galuh, dipersilahkan untuk datang ke Museum Galuh yang tempatnya persis depan kantor Desa Imbanagara. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com