Home » » Untuk Didaftarkan ke BPJS, 12 Ribu Warga Miskin Diajukan ke Pusat

Untuk Didaftarkan ke BPJS, 12 Ribu Warga Miskin Diajukan ke Pusat

Written By yun ciamis on 07 January 2014 | 2:48 PM

ciamiszone.com :


CIAMIS,- Sebanyak 12 ribu lebih warga miskin masih menungu persetujuan pusat untuk didaftarkan ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan agar dijamin kesehatannya, ke-12 ribu lebih nama tersebut merupakan nama pengganti dari peserta Jamkesmas yang pindah dan meninggal dari total sebanyak 575 ribu.

Demikian diungkapkan Asisten II, Bidang Kesra Pemkab Ciamis, Drs. HM. Soekiman kepada ciamiszone, Selasa (07/01) seraya mengakui, ke-12 ribu nama tersebut diusulkan karena sebelumnya mereka belum termasuk pada peserta Jamkesmas, menyusul tidak diberlakukannya lagi SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang biasa dikeluarkan oleh Dinas Sosial.

Menurut Soekiman, jika persetujuan dari pusat belum turun sementara dari 12 ribu nama tersebut ada yang sakit, terpaksa jika ingin dijamin oleh BPJS mereka harus membayar premi sendiri ke BPJS agar bisa mendapatkan kartu untuk diklaim-kan ke Rumah Sakit yang dirujuk.

“Kami masih membahas, apakah pengeluaran si pasien yang sedang diajukan namanya tersebut untuk membayar premi BPJS ke pusat itu bisa diganti oleh pemerintah atau tidak, karena akan bersinggungan dengan sistem administrasi,” katanya.

Yang jelas menurut, Soekiman, untuk dijamin oleh BPJS si pasien harus memiliki kartu dulu, bagaimana pun caranya.

“Memang ada kebijakan dari BPJS kepada mereka yang sakit tapi belum ada persetujuan masuk BPJS dari pusat bisa segera mendaftar dan mambayar premi ke BPJS agar segera dijaminkan,” katanya.

Jika pun dikemudian hari ternyata ke-12 ribu tersebut ditolak oleh pusat, maka itu merupakan kewajiban Pemkab Ciamis untuk menjaminkan mereka ke BPJS yang anggarannya akan dialokasikan dari APBD.

Soekiman juga menghimbau, kepada masyarakat yang sebelumnya sudah mengantongi kartu Jamkesmas tapi belum mendapatkan kartu BPJS, jika berobat ke RS agar memperlihatkan kartu Jamkesmas sebagai pengganti kartu BPJS yang belum diterimanya, karena peserta Jamkesmas secara otomastis sebagai peserta BPJS. (cZ-01)*

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com