Home » » UU ASN Diberlakukan, Usia Pensiun 58 Sampai 60 Tahun

UU ASN Diberlakukan, Usia Pensiun 58 Sampai 60 Tahun

Written By yun ciamis on 27 January 2014 | 1:49 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Menyusul ditandatanganinya Undang-Undang No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara oleh Presiden SBY tanggal 15 Januari 2014, dipastikan PNS yang memasuki masa pensiun terhitung Februari 2014 akan diperpanjang sampai berusia 58 tahun, dan khusus bagi pejabat eselon II diperpanjang sampai 60 tahun.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kab. Ciamis, H. Deden Wahidin didampingi Kabid Mutasi Kepegawaian BKDD, Ahmad Yani kepada ciamiszone, Senin (27/01/14) mengakui, sosialisasi UU ASN akan dilakukan dalam waktu dekat, namun khusus mengenai Batas Usia Pensiun (BUP), sesuai UU ASN mulai diterapkan per Februari 2014.

“Jadi bagi PNS yang pensiun terhitung mulai  per 1 Februari 2014 sudah mengacu pada UU ASN hingga mereka tetap beraktifitas mengabdikan diri diperpanjang sampai 58 dan 60 tahun, tapi jika yang bersangkutan tidak bersedia dan tetap memilih pensiun diusia 56 tahun, bisa saja dengan catatan harus membuat surat pernyataan diatas materai,” katanya.

Hal lain dalam UU ASN menurut Deden, ada hal baru yaitu pergantian istilah nama jabatan, yang sebelumnya jabatan eselon diantaranya jabatan eselon II setara dengan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, eselon III menjadi Jabatan Administrator, eselon IV setara dengan Jabatan Pengawas, dan jabatan eselon V dan fungsional umum setara dengan Jabatan Pelaksana.


Selain itu, proses rotasi penempatan pejabat pun terdapat perubahan, yang sebelumnya cukup dengan melibatkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) setempat namun dalam UU ASN diatur penempatan jabatan melibatkan  Komisi ASN yang merupakan lembaga mandiri yang bebas dari intervensi politik yang mempunyai kewenangan untuk mengawasi setiap tahapan proses pengisian jabatan dan mengawasi serta mengevaluasi penerapan asas, nilai dasar, serta kode etik dan kode perilaku Pegawai ASN. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com