Home » » Himpaudi Siap Membumikan Nilai-nilai Budaya Bangsa

Himpaudi Siap Membumikan Nilai-nilai Budaya Bangsa

Written By yun ciamis on 24 February 2014 | 4:00 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Himpunan Pendidik dan Tenega Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) siap membumikan nilai-nilai budaya bangsa dan pemahaman wawasan kebangsaan kepada tunas-tunas bangsa untuk menyiapkan generasi bangsa agar masa depan Indonesia lebih maju dan bermartabat.

Demikian dikatakan Ketua Himpaudi Kec. Ciamis, Eulis Pusmawati, S.HI saat memberikan sambutan dihadapan Ketua Tim Kerja Materi dan Sosialisasi MPR-RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si yang juga Ketua Komisi II DPR-RI dalam acara pembukaan sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Gedung Puspita Ciamis, Senin (24/02/14) yang dihadiri oleh sedikitnya 200 anggota Himpaudi Kec. Ciamis.

Menurut Eulis, para pendidik anak usia dini selalu menjaga, melindungi dan membimbing tunas-tunas bangsa, tak kenal lelah dan selalu tulus meluangkan waktu untuk menyiapkan generasi bangsa agar masa depan Indonesia lebih maju dan bermartabat.

Dijelaskannya, berbagai fakta dan fenomena yang berkembang hari ini menunjukan bergeseranya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang ditandai oleh kemorosotan ahlak dan degradasi wawasan kebangsaan.

“Seperti tercermin dalam perilaku yang lebih mengedepankan nilai-nilai individualisme, pragmatisme dan leberalisme, sehingga menggerus nilai-nilai gotongroyong, musyawarah mufakat, toleransi, persatuan dan kesatuan. Himpaudi sebagai tempat bernaung para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, mengemban amanah di garis paling depan guna membumikan nilai-nilai budaya bangsa,” katanya.

Sementara Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan, para pendidik yang tergabung dalam Himpaud harus bisa memahami perkembangan terkini dalam wawasan berbangsa dan bernegara.

“Apalagi saat ini memasuki tahun politik, dalam waktu dekat akan digelar Pemilu 2014 yang akan memilih wakil-wakil rakyat di daerah atau pun pusat, sehingga diberikan kebebasan berdasarkan hati nurani masing-masing, karena negara kita berdaulat dan rakyat yang menentukan calon-calon pemimpinnya,” kata Agun.

Menurut Agun, dimasa orde lama dan orde baru bisa saja raykat menyalahkan pemimpinnya hingga terjadi pergeseran kepemimpinan, tapi pada masa reformasi sekarang ini, para pemimpin yang tampil adalah hasil pilihan rakyat.

“Jadi kita semua harus memahami wawasan berbangsa dan bernegara yang terdiri dari empat pilar mulai Pancasila, UUD RI 1945, Bhineka Tungga Ika dan NKRI. Setelah mamahami itu, maka akan muncul inspirasi dalam berbangsa dan bernegara yang minimalnya ikut andil pada Pemilu mendatang tidak salah pilih menentukan para pemimpin bangsa yang akan datanf,” tegasnya. (cZ-01)*
 

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com