Home » » Kades Harus Arahkan Warganya Untuk Nyoblos

Kades Harus Arahkan Warganya Untuk Nyoblos

Written By yun ciamis on 26 February 2014 | 11:56 AM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Bupati Ciamis, H. Engkon Komara meminta kepada para kepala desa agar mengarahkan warganya yang sudah mempunyai hak pilih untuk menyalurkan suara pada Pemilu 2014 mendatang agar tidak menyia-nyiakan kesempatan memilih wakil-wakil rakyat yang akan duduk di DPRD Kabupaten, Propinsi atau pun DPR-RI pada Rabu, 9 April mendatang.

Hal itu diungkapkan Bupati dihadapan 21 Kepala Desa dari 11 kecamatan yang dilantiknya di gedung PKK, Rabu (26/02/14) seraya meminta agar para kepala desa memberikan pengarahan dan himbauan kepada warganya untuk menyukseskan Pemilun 2014.

“Hak pilih harus dilaksanakan, sayang lima tahun sekali untuk memajukan bangsa ini, untuk mencari figur- figur pemimpin kita kedepan untuk memimpin kita yang ingin memajukan daerah,” tegasnya.

“Tolong Pa Kuwu, masyarakat diarahkan betul, baik yang ada di kampung, di desa,  di perantauan atau diluar kota disarankan agar pulang dulu untuk melaksanakan hak pilihnya, harapannya hanya untuk  nyoblos, setelah itu silahkan kembali berkatifitas,” tambah Bupati.

Menurutnya, jika semua menyadari dan dilaksanakan maka tingkat golput di Ciamis akan sangat kecil sehingga hasilnya akan selalu dijadikan contoh. Seperti pada Pemilu 2009 lalu, Kab. Ciamis dijadikan contoh karena tingkat paritipasi masyarakatnya mencapai 80 prosen.

“Angkat 80 prosen itu cukup tinggi, karena banyak daerah lain yang hanya 60 persen bahkan hanya 55 persen terutama di kota-kota besar,” katanya.

Kenyataan seperti itu yang mencapai kurang dari 70 persen sangatlah memprihatinkan, apalagi di kota-kota besar yang warganya disibukan dengan aktifitasnya masing-masing, sehingga kurang daya tarik terhadap partisipasi dalam Pemilu.

Sehingga Bupati berharap, kedepan Ciamis tetap dijadikan contoh bagi daerah lain, sebelumnya diakui dalam pelaksanan Pilkada 2013 Ciamis dinyatakan sukses karena tidak ada permasalahan sekecil apa pun yang muncul, sehingga jika tidak ada halangan pada Minggu, 6 April mendatang Bupati dan Wakil Bupati baru akan dilantik.

Pada kesempatan itu Bupati melantik Kepala Desa diantaranya Kades Sukasari dan Cidolog Kec. Cidolog, Kades Dewasari, pamalayan dan Kertabumi Kec. Cijeungjing, Kades Awiluar dan rawa Kec. Lumbung, Kades Indragiri kec. Panawangan, Kades Kawali Kec. Kawali, Kades Andapraja dan Sirnajaya Kec. Rajadesa.

Selanjutnya Kades Kutawaringin Kec. Purwadadi, KadesSumberjaya Kec. Cihaurbeuti, Kades Sadananya dan Mekarjadi Kec. Sadananya, Kades Cigayam, Langkapsari, Purwasari dan banjaranyar Kec. Banjarsari, Kades Sukamukti dan Sukahurip Kec. Pamarican. (cZ-01)*
Share this article :

1 komentar:



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com