Home » , » Dikbud Kembangkan Seni Budaya Daerah

Dikbud Kembangkan Seni Budaya Daerah

Written By yun ciamis on 20 March 2014 | 2:20 PM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Semenjak bergabungnya kembali Bidang Kebudayaan ke Dinas Pendidikan, geliat untuk mengembangkan seni budaya daerah mulai digaungkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggelar sosialisasi Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Daerah khusus dil lingkup Disdikbud Kab. Ciamis.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, H. Tatang, M.Pd dalam sambutannya saat membuka acara tersebut mengatakan, sosialisasi digelar sebagai tindak lanjut program Bidang Kebudayaan dalam rangka meningkatkan kegiatan berkesenian dan pengembangan kebudayaan di Kab. Ciamis.

“Hal ini perlu disosialisasikan mengingat pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang efeknya mengarah pada rusak dan terkikisnya nilai seni dan budaya lokal, sudah selayaknya sebagai generasi penerus untuk lebih memperhatikan dan melestarikan bentuk-bentuk kesenian dan budaya warisan leluhur kita yang begitu unggul dan sangat tinggi nilainya,” kata H. Tatang di Padepokan Seni Rengganis, Kamis (20/03/14).

Sementara Pimpinan Pelaksana Teknis Kegiatan, H. Dedi Koesmana, S.Pd mengatakan, para pelaku seni, guru kesenian dan pihak terkait lainnya sangat memegang peranan penting dalam memajukan seni budaya lokal, karena maju dan berkembangnya budaya nasional pun sangat erat kaitannya dengan perkembangan budaya lokal.

“Melalui kreatifitas mereka inilah kesenian dan budaya lokal khusunya di Kab. Ciamis bisa berkembang, lestari dan lebih dikenal secara nasional atau pun internasional,” katanya seraya berharap, dengan sosialisasi tersebut para pelaku seni termasuk didalamnya para guru kesenian bisa lebih memahami perannya dalam penerapan di bidang masing-masing.

Untuk lebih menekankan betapa pentingnya pengembangan dan pelestarian seni budaya lokal, dihadirkan beberapa budayawan Ciamis yang sudah go internasional sebagai narasumber, seperti halnya Budayawan Godi Suwarna dan Dalang Wayang Ajen sekaligus pencipta Wayang Ajen, Wawan Gunawan.

Dalam kesempatan sama, Godi Suwarna didampingi Wawan “Ajen” Gunawan mengungkapkan rasa haru dan bahagianya bisa hadir dihadapan para pelaku seni dan guru-guru kesenian di Ciamis untuk memberikan pemahaman dan bertukar pengalaman terhadap perkembangan dan pelestarian seni budaya lokal.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap Diddikbud Ciamis karena sudah lebih dari sepuluh tahun baru sekarang lagi bisa berkumpul dengan para pelaku seni budaya di Ciamis. Ini sangat memotivasi saya untuk terus  mengembangakn dan melestarikan seni budaya lokal,” kata Godi.

Hal senada diungkapkan Wawan “Ajen” Gunawan, sebagai budayawan asal Ciamis yang sudah melanglang buana ke sejumlah negara untuk mementaskan Wayang Ajen ciptaannya baru kalipertama ini diundang untuk bertemu dengan para pelaku seni budaya dan guru-guru kesenian di Ciamis.


“Ini satu penghormatan bagi saya, mudah-mudahan saya bisa lebih memasyarakatkan Wayang Ajen di Ciamis ini, karena saya belum pernah mentas di Ciamis, selama ini banyak mentas di luar Ciamis termasuk di sejumlah negara,” katanya. (cZ-01)*
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com