Home » » Kades Harus Berinovasi, Tidak Hanya Mengadalkan Anggaran Pemerintah

Kades Harus Berinovasi, Tidak Hanya Mengadalkan Anggaran Pemerintah

Written By yun ciamis on 12 March 2014 | 11:31 AM

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Bupati Ciamis, H, Engkon Komara mengingatkan kepada Kepala Desa agar bisa berinovasi dalam membangun desanya untuk mencapai kesejahteraan warganya. Kepada Kades yang kembali dilantik agar melakukan evaluasi terhadap kepemimpinan periode sebelumnya, dan Kades yang baru dilantik agar melakukan komunikasi dengan tokoh warga setempat dan jangan malu bertanya kepada staf desa.

“Jabatan Kades sekarang enam tahun dalam satu periodenya dan bisa sampai tiga kali menjabat, ini sangat luar biasa sebagai pimpinan terendah di tingkatan paling bawah patut disyukuri karena kepala daerah saja hanya lima tahun dan hanya bisa dua periode,” kata Bupati saat memberikan sambutan kepada sembilan Kades yang dilantinya di Gedung PKK Ciamis, Rabu (12/03/14).

Dengan lamanya masa periode jabatan Kades itu, diharapkan Kades yang kembali dilantik supaya melakukan evaluasi terhadap kepemimpinannya agar bisa kembali membangun desa dengan baik dan diterima masyarakat.

“Jika dievaluasi nanti akan terlihat mana yang harus dikembangkan dan terus dipertahankan dan mana yang harus diperbaiki,” tegas Bupati.

Sementara kepada Kades yang baru pertamakali dilantik, agar bisa berkomunikasi dengan seluruh tokoh warga dan juga stafnya di desa untuk belajar membangun desanya.

Kades harus pandai-pandai menggunakan anggaran untuk pembangunan, baik dari pusat, propinsi atau pun dari kabupaten. Selain itu juga harus proaktif dengan masyarakat menciptakan inovasi baru dalam pembangunan sehingga tidak hanya mengandalkan anggaran pemerintah, tapi bisa dalam bentuk iuran dari warga yang mampu untuk diarahkan terhadap kepentingan lain.

Salah satu contoh menurut Bupati, di Desa Kawali Mukti, masyarakatnya melakukan pengumpulan dana secara rutin untuk menanggulangi pembayaran Raskin, sehingga sipenerima hak raskin tidak dibebankan harus membayar.

“Itu sebuah conroh yang baik, sehingga masyarakat miskin yang berhak atas raskin tidak dibebankan mambayar raskin karena dibantu oleh iuran warga. Kenapa tidak hal serupa dikembangkan di desa-desa lainnya, bisa dalam bentuk lain tapi untuk pembangunan desa yang berujung kepada kesejahteraan warganya,” tegas Bupati.

Kepala Desa yang dilantik Bupati Ciamis sata itu terdiri dari sembilan Kades, diantaranya Desa Tanjungmulya dan Kertaraharja Kec. Panumbangan, Desa Tenggerraharja Kec. Sukamantri, Desa Petirhilir Kec. Baregbeg, Desa Panyingkiran Kec. Ciamis, Desa Kawunglarang, Wangunsari, dan Desa Cileungsir Kec. Rancah dan Desa Cikoneng Kec. Cikoneng. (cZ-01)**
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com