Home » , » Kembangkan Seni Budaya Melalui Pedidikan

Kembangkan Seni Budaya Melalui Pedidikan

Written By yun ciamis on 22 March 2014 | 2:03 PM

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Perkembangan seni budaya harus terus dipelihara dengan memperhatikan etika dan perkembangan zaman, terutama sejak kembalinya Bidang Kebudayaan masuk ke Dinas Pendidikan, maka menjadi tugas para pendidik untuk menularkannya di sekolah dan lingkungan masing-masing.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Ciamis, Drs. Dudung Abdullah, M.Pd saat menutup acara Sosialisasi Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Daerah di Lingkungan Pendidikan, Sabtu (22/10/14) di Sanggar Rengganis Ciamis.

Menurut Dudung, bukan hanya tugas pendidik dan pelaku seni budaya untuk mengembangkan seni budaya di masyarakat tetapi tugas semua pihak yang peduli terhadap perkembang seni budaya.

“Disdikbud harus mampu menciptakan regenerasi pelaku seni budaya, itu tugas kita semua, setelah tercipta dan dibina maka Dinas Pariwisata yang akan menjual dan memasarkannya. Kegiatan ini tidak akan berhenti sampai disini tapi kedepannya bisa menggelar pameran, helaran sampai ke seni yang belum terbahas pada sosialisasi ini,” kata Dudung.

Nilai budaya menurut Dudung, bukan hanya tercermin dari kegiatan atau bentuk praktek kesenian dan kebudayaan tetapi harus tertanam nilai budaya warga Indonesia seutuhnya.

Dalam pemerintahan saja, Negara kita terus melakukan inovasi-inovasi untuk menciptakan SDM yang kuat dan berbudaya, tapi kenyataannya pada orde baru terkendala anggaran, kemudian di era reformasi setelah ada anggaran muncul masalah SDM sehinggab melahirkan UU Guru dan Dosen, tapi tetap saja pendidikan belum bermutu, ternyata ada kendala dalam manajemen.

Setelah SDM guru ditingkatkan harus S1, lanjut Dudung, ternyata masih tetap saja belum mencapai harapan dan ternyata ada yang tertinggal yaitu nilai-nilai budaya yang belum menjelma seutuhnya di tubuh pendidik.
Dengan dikembalikannya bidang kebudayaan ke Dinas Pendidikan diharpkan mampu memberikan inovasi baru kepada para pendidik dan pelaku seni budaya untuk mengembangkan budaya kita seutuhnya.

Ada lima kriteria misi berbudaya yang harus diketahui, dimiliki dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai orang “sunda” khususnya untuk menunjang dalam menciptakan SDM yang berbudaya, diantaranya  “wanda” yaitu penampilan, jadi harus berpenampilan sunda yang memperlihatkan sopan santun, kedua “wara” yaitu tahu situasi dan kondisi sihingga bisa mengatur strategi hingga tidak salah dalam bertindak, ketiga “wacana” yaitu mempunyai pikiran inovasi kedepan dan keempat “wawasan” yaitu berpengalaman yang luas, dan terkahir “wawanen” yaitu mempunyai keberanian mengatakan salah adalah salah dan benar adalah benar.

Dudung berharap, para peserta sosialisasi dalam mengembangkannya di lingkungan masing-masing harus bisa melibatkan pelaku seni budaya yang ahli dibidangnya, sehingga terbangun kerjasama yang baik. (cZ-01)**
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
ciamiszone | terbit sejak Oktober 2009
Copyright © 2017. ciamiszone.com - All Rights Reserved
Wed Admin nurdanian
Thanks to Creating Website and CaraGampang.Com